Pemprov Banten Apresiasi Kinerja KPRI Modal Jadi Rp8,8 Miliar

23 Februari 2023 14:26
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Penjabat Sekfa Banten M Tranggono menghadiri RAT loperasi oegawai Pemprov Banten di Serang, Kamis. (Mulyana)

Sahabat.com - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten M Tranggono, mengapresiasi capaian atau kinerja Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Korpri Banten yang seiring pertumbuhan modal dan anggotanya.

:Koperasi turut mendorong kesejahteraan anggota dan masyarakat," kata M Tranggono usai menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022 KPRI Korpri Banten di Gedung Korpri di Serang, Kamis.

“Kami mengapresiasi, yang tadinya modalnya Rp3 miliar, sekarang menjadi Rp8,8 miliar. Anggotanya juga bertambah,” kata Tranggono menambahkan.

Sebagai Pembina KPRI Korpri Banten, pihaknya mendorong KPRI Korpri ke depan bisa melakukan optimalisasi kegiatan maupun pegawai di Pemprov Banten untuk menambah anggotanya.

“Koperasi menjadi salah satu solusi bagi anggotanya sendiri maupun orang lain. Karena untuk meminjam di koperasi itu gampang sekali,” kata M Tranggono.

Ke depan, kata M Tranggono, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar telah mencanangkan reformasi birokrasi tematik di Pemerintah Provinsi Banten. Yakni pengendalian inflasi, penanganan stunting dan gizi buruk, penanganan kemiskinan ekstrem, serta investasi.

“Dengan koperasi bergerak, harapannya koperasi bisa membantu dalam mengembangkan UMKM. Pegawai Pemprov Banten dan anggota bisa berbelanja di koperasi,” katanya.

Menurutnya, pegawai Pemprov Banten sebagai 'captive market', juga diburu oleh pihak lain. Dengan bimbingan Dinas Koperasi dan UMKM, bisa lebih maju.

"Banten maju, Indonesia juga maju,” kata M Tranggono.

Sementara Ketua KPRI Korpri Banten Eneng Nurcahyati mengungkapkan, pada 2018 modal KPRI Korpri Banten tercatat Rp3 miliar. Kini pada tutup buku tahun 2022 modal KPRI Korpri Banten mencapai Rp8,8 miliar. Saat ini anggota KPRI Korpri Banten menjadi 1.291 orang.

“Untuk Sisa Hasil Usaha (SHU), alhamdulillah selalu melampui target yang ditetapkan dalam Rapat Anggota Tahunan. Tahun ini hampir mencapai Rp1 miliar. Untuk yang lain-lainnya, kami berupaya mengikuti ketentuan,” kata Eneng.

Dijelaskan Eneng, KPRI Korpri Banten bergerak pada simpan pinjam, pengadaan barang dan jasa, kepemilikan kendaraan, serta jasa cleaning service.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment