Pemprov Bengkulu Targetkan Jalan Layang DDTS Beroperasi Desember 2023

21 Agustus 2023 10:29
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memantau progres pembangunan Jalan Layang Danau Dendam Tak Sudah DDTS. ANTARA/HO-Media Center Provinsi Bengkulu

Sahabat.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menargetkan jalan layang destinasi wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) bisa beroperasi pada Desember 2023.

"Jalan elevated Danau Dendam Tak Sudah pengerjaan fisiknya sekarang sudah 50 persen dari target awal 40 persen, rampung lebih cepat. Kami targetkan pada Desember sudah fungsional, sudah bisa dilewati masyarakat," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Tejo Suroso, di Bengkulu, Senin.

Pada Desember, arus lalu lintas di sepanjang jalan destinasi wisata DDTS akan dialihkan ke jalan layang. Kemudian, jalan yang lama tersebut ditata ulang untuk pembangunan destinasi wisata DDTS.

"Kementerian PUPR yang akan membangun Danau Dendam, akan membutuhkan anggaran Rp50 miliar-Rp100 miliar. Kementerian ingin Danau Dendam itu nanti seperti destinasi Danau Toba, atau Labuan Bajo," ujarnya.

Untuk pembangunan dan penataan destinasi wisata DDTS, Kementerian PUPR, kata dia, akan memulai prosesnya pada 2024, setelah jalan layang DDTS rampung dan mulai berfungsi.

Pemerintah pusat ingin DDTS menjadi destinasi wisata potensial nasional, dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan hal itu, Bengkulu ke depan bisa menjadi salah satu daerah tujuan wisata pilihan pelancong.

Sebelumnya, Pemprov Bengkulu mulai membangun jalan dan jembatan layang di kawasan DDTS sejak April lalu. Pemda menganggarkan biaya pembangunan sebesar Rp87,95 miliar.

Pembangunan didanai dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang dikerjakan selama 300 hari dengan panjang ruas jalan 1,39 kilometer.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment