Sekitar 5.000 Orang Kunjungi Margasatwa Ragunan Pada Libur Idul Adha

28 Juni 2023 05:31
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Sejumlah satwa pelikan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Rabu (28/6/2023). ANTARA/Luthfia Miranda Putri

Sahabat.com - Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan menyebutkan sekitar 5.000 orang  berkunjung ke lokasi wisata yang beralamat di Jalan Harsono RM Nomor 1 pada libur Idul Adha 1444 Hijriah.

"Tepatnya 5.547 pengunjung yang membeli tiket secara daring dan luring sampai pukul 11.00 WIB," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Bambang merinci jumlah pengunjung yang membeli tiket daring sebanyak 592 orang, lima sepeda, 56 motor, dan 46 mobil.

Sedangkan, jumlah pengunjung yang membeli tiket di tempat (luring) sebanyak 4.955 orang, 29 sepeda, 576 motor, 388 mobil, dan tiga bus.

Termasuk 332 orang pengunjung ke Pusat Primata Schmutzer dan 211 orang mendatangi Taman Satwa Anak.

Bambang menjelaskan tidak ada acara khusus dalam liburan Idul Adha tahun ini, namun yang jelas Taman Margasatwa Ragunan tetap buka.

"Pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada Kamis (29/6) besok pukul 10.00 hingga 16.00 WIB tetap buka sesuai Peraturan Gubernur Nomor 63 Tahun 2018," tutupnya.

Sebelumnya, Istri Penjabat Gubernur DKI Jakarta Mirdiyanti memberi nama dua komodo yang baru bergabung di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, dengan nama Polita (betina) dan Juma (jantan).

"Singkatannya komodo dua itu PJ, yakni Polita dan Juma. Polita berarti cerdas dan Juma merupakan Jumat Berkah," kata Mirdiyanti saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Mirdiyanti berharap dua nama pada komodo berusia empat tahun ini bisa membawa keberkahan untuk Taman Margasatwa Ragunan.

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati menambahkan, kedatangan komodo itu merupakan hasil kerja sama antar lembaga konservasi Taman Margasatwa Ragunan dan Taman Safari Indonesia.

Menurut Endah, setelah melalui masa adaptasi yang cukup, komodo tersebut sudah nyaman berada di kandangnya dan mulai terlihat aktif berkeliling untuk mengenal wilayah teritorialnya.

Kedua komodo tersebut lahir pada Kamis (21/3/2019) di Taman Safari Indonesia (TSI) sehingga saat ini komodo tersebut telah berusia sekitar empat tahun.

"Untuk ukuran usia tersebut komodo masih termasuk usia muda dan mereka akan siap bereproduksi pada usia lima tahun," ujar Endah.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment