Semua daerah di Kaltim diprakirakan Hujan Petir Senin-Selasa

13 Maret 2023 06:38
Penulis: Alber Laia, news
Informasi prakiraan cuaca di Kota Samarinda pada Senin-Selasa (13-14/3) yang dirilis BMKG Balikpapan, Minggu (12/3) (Antara / HO BMKG Balikpapan)

Sahabat.com - Semua daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Senin-Selasa (13-14/3), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Minggu.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Rinciannya antara lain di Kota Samarinda pada Senin sekitar pukul 11.00 dan 14.00 Wita, hujan lebat pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan.

Sedangkan di kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan, bahkan hujan ringan mulai pukul 17.00 hingga Selasa pagi diprakirakan terjadi hampir merata di semua kecamatan.

Kemudian untuk empat kecamatan berpotensi terjadi hujan petir pada Senin pukul 20.00, Selasa pukul 02.00 dan 05.00 Wita, yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Samarinda Seberang, dan Kecamatan Palaran.

Di Kota Balikpapan, hujan petir diprakirakan terjadi pada Senin sekitar pukul 11.00 dan 20.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Timur, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga hujan sedang, pada Selasa mulai pukul 02.00, 05.00, 08.00 Wita, hujan petir di semua kecamatan.

Untuk Kota Bontang pada Senin pukul 20.00 hingga Selasa pagi, hujan ringan terjadi pada semua kecamatan, kecuali pada Selasa dini hari, terjadi hujan lebat di semua kecamatan.

Kabupaten Kutai Barat, hujan ringan hingga hujan sedang berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan pada Senin pagi hingga malam, sedangkan hujan sedang, lebat, hingga hujan petir pada pukul 23.00 hingga Selasa pagi diprakirakan terjadi di semua kecamatan.

"Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan ringan, sedang, lebat, berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan pada pukul 11.00 hingga 23.00 Wita. Pada Selasa dini hari hingga pagi, hujan petir di Kecamatan Muara Jawa, Muara Muntai, Anggana, Kenohan, Loa Janan, Muara Wis, Samboja, dan Sanga-Sanga," kata Yudha.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment