Wali Kota Dorong Mahasiswa Bantu Majukan Kelurahan di Kediri

06 Februari 2023 11:36
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dengan mahasiswa peserta KKN dari Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, Jawa Timur, di Kediri, Senin (6/2/2023). ANTARA/ HO-Pemkot Kediri

Sahabat.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mendorong mahasiswa peserta KKN dari Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, Jawa Timur, untuk membantu memajukan kelurahan sehingga menjadi lebih berkembang.

Ia mengemukakan mahasiswa dari Universitas Nusantara PGRI akan melakukan KKN tematik di 46 kelurahan di kota ini. Mereka akan KKN selam satu bulan sehingga tentunya banyak hal positif yang bisa dikembangkan kelurahan dengan dukungan pemikiran dan ide kreatif mahasiswa.

"Alhamdulillah kami bisa berkolaborasi bersama antara pemkot dan UNP Kediri. KKN ini berbeda dari KKN sebelumnya yakni menjalani KKN tematik. Jadi harus melihat lebih detail di setiap kelurahan nanti," katanya di Kediri, Senin.

Ia juga meminta seluruh mahasiswa KKN untuk memberikan wawasan kepada kelurahan. Wawasan yang diberikan harus bisa diaplikasikan. Apalagi nanti di Kediri akan ada bandara dan akan banyak orang yang datang ke daerah itu.

Ia mengatakan masih banyak juga pekerjaan rumah bagi pemerintah yang mungkin nanti mahasiswa bisa bantu menyelesaikan, seperti pemberdayaan masyarakat, stunting, dan kemiskinan.

"Orang yang akan datang ini mereka mau apa di Kota Kediri. Katakan mereka mau jalan-jalan, nah kelurahan-kelurahan ini harus menyiapkan apa. Mahasiswa beri insight (wawasan) sesuai dengan apa yang sudah didapatkan di bangku kuliah," kata dia.

Wali Kota Abdullah Abu Bakar  juga berharap, KKN tematik yang dijalani mahasiswa UNP PGRI Kediri dapat menjadi pengalaman yang luar biasa. Mahasiswa akan melihat langsung realitas masyarakat. Mahasiswa juga harus bisa menempatkan diri, karena di masyarakat akan menemukan banyak karakter.

"Nanti akan menemukan banyak ide dan gagasan di masyarakat, untuk itu mahasiswa harus bisa menyesuaikan. Kami juga minta harus menjaga sikap di tempat KKN nanti," kata dia.

Rektor UNP Kediri Zainal Afandi mengatakan setelah menjalani kuliah selama tujuh semester, mahasiswa harus melaksanakan salah satu pilar pendidikan, yakni belajar bersama di masyarakat. Ada 1.035 mahasiswa UNP yang akan KKN tematik di 46 kelurahan di Kota Kediri.

Pada 2023, sejalan dengan program Kampus Merdeka, UNP Kediri melakukan KKN tematik. Salah satu program Kampus Merdeka membangun desa melalui KKN tematik.

"Alasan kami memilih KKN di Kota Kediri adalah pertama kami harus berkontribusi terhadap kota kampus berada. Kedua, karena Kediri merupakan daerah yang menjalin kerja sama dengan Kemendikbudristek tentang magang bersertifikat," ujar dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment