10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu Terima Peringatan Dini Cuaca

01 Januari 2024 23:08
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Peringatan dini cuaca dari BMKG Stasiun Meteorologi Soekarno Bengkulu. (ANTARA/HO-BMKG)

Sahabat.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan 10 kabupaten/kota di wilayah itu mendapat peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Soekarno Bengkulu.

Kepala Pelaksana BPBD Rejang Lebong Shalahudin di Rejang Lebong, Senin, menyatakan peringatan dini yang ditujukan ke 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu tersebut menyebutkan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mulai dari 1 hingga 3 Januari 2024.  

"Peringatan dini cuaca ini selain ditujukan ke Kabupaten Rejang Lebong juga sembilan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Bengkulu," kata dia.

Dia menjelaskan, berdasarkan peringatan dini cuaca BMKG ini menyebutkan terdapat belokan angin di wilayah Bengkulu, kelembapan udara yang cukup basah di lapisan bawah hingga menengah, serta labilitas udara yang cukup labil menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di beberapa wilayah Bengkulu.

Dalam peringatan BMKG Stasiun Meteorologi Soekarno Bengkulu ini, kata dia, disebutkan potensi terjadinya hujan di 10 kabupaten/kota dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Selain di Kabupaten Rejang Lebong potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini juga diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Lebong, Kota Bengkulu, Mukomuko, Kepahiang, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur dan Bengkulu Tengah," katanya.

Akibat adanya potensi hujan lebat atau hujan dengan durasi lama selama tiga hari ini, tambah dia, BMKG memperingatkan masing-masing daerah guna mewaspadai potensi bencana hindrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan lainnya.

Sementara itu, pihaknya sendiri sudah memberikan peringatan dini kepada 15 camat di Kabupaten Rejang Lebong guna mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang melanda daerah setempat.

Masyarakat yang berdiam di titik-titik rawan bencana diminta mengungsi sementara waktu jika hujan turun dengan intensitas lebat dalam waktu yang lama.

BPBD Rejang Lebong sendiri, tambah dia, saat ini sudah menyiagakan personel Pusdalops, tim TRC, relawan BPBD tersebar di 156 desa dan kelurahan, dimana setiap desa/kelurahan terdapat lima relawan.

Selain itu pihaknya juga menyiagakan peralatan pendukung penanggulangan bencana alam berupa satu unit alat berat jenis loader, pelampung, mobil tangki, mobil dapur umum, logistik, obat-obatan dan lainnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment