Arab Saudi Minta Warganya Segera Tinggalkan Lebanon

05 Agustus 2023 03:49
Penulis: Adiantoro, news
Arab Saudi meminta warganya segera meninggalkan Lebanon. (AP)

Sahabat.com - Arab Saudi meminta warganya segera meninggalkan Lebanon dan menghindari daerah-daerah yang terjadi bentrokan bersenjata.

Melansir Reuters, Sabtu (5/8/2023), pihak kerajaan sendiri tidak merinci daerah mana di Lebanon yang disarankan untuk dihindari warganya.

Kedutaan Besar Arab Saudi di Lebanon juga mengumumkan di 'X', sebelumnya dikenal dengan Twitter, pada Jumat (4/8/2023), pentingnya mematuhi larangan bepergian ke Lebanon. 

Diketahui, Lebanon dilanda kerusuhan antara sesama faksi perlawanan Palestina di kamp pengungsian terbesar.

Hal serupa dilakukan Kuwait. Negara itu juga mengeluarkan peringatan pada Sabtu (5/8/2023) pagi, namun tidak meminta warganya untuk meninggalkan Lebanon.

Dalama pernyataannya di 'X', Kementerian Luar Negeri Kuwait meminta warganya di Lebanon untuk tetap waspada dan menghindari wilayah-wilayah konflik.

Pada 1 Agustus, Inggris juga memperbarui nasihat perjalanan ke Lebanon bagi warganya. Disarankan warga Inggris sebisa mungkin menghindari perjalanan ke selatan Lebanon dekat kamp Palestina di Ain el-Hilweh, kecuali ada alasan mendesak.

Sedikitnya 13 orang tewas dalam bentrokan yang terjadi di kamp pengungsi tersebut pada 29 Juli. Konflik melibatkan faksi Fatah dan kelompok perlawanan lainnya.

Ain el-Hilweh adalah kamp pengungsi Palestina terbesar dari 12 yang ada di Lebanon. Negara itu menampung sekitar 80.000 hingga 250.000 pengungsi Palestina, menurut badan PBB untuk pengungsi Palestina.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment