AS Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Rusia

13 Februari 2023 09:45
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Bendera Amerika Serikat. (Istimewa)

Sahabat.com - Amerika Serikat (AS) telah mengeluarkan peringatan yang meminta warganya untuk segera meninggalkan Rusia.

Peringatakan itu dikeluarkan karena perang di Ukraina dan risiko penangkapan sewenang-wenang atau pelecehan oleh lembaga penegak hukum Rusia.

"Warga AS yang tinggal atau bepergian di Rusia harus segera pergi," kata kedutaan AS di Moskow, dikutip dari Reuters, Senin (13/2/2023).

"Meningkatkan kewaspadaan karena risiko penahanan yang salah. Jangan bepergian ke Rusia," lanjut kedutaan AS.

Negara Paman Sam itu telah berulang kali memperingatkan warganya untuk meninggalkan Rusia. Peringatan publik terakhir terjadi pada September tahun lalu setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan mobilisasi parsial.

"Dinas keamanan Rusia telah menangkap warga AS atas tuduhan palsu, memilih warga AS di Rusia untuk penahanan dan pelecehan, menolak perlakuan adil dan transparan, dan menghukum mereka dalam persidangan rahasia atau tanpa memberikan bukti yang kredibel."

"Otoritas Rusia secara sewenang-wenang menegakkan hukum lokal terhadap pekerja agama warga AS dan telah membuka penyelidikan kriminal yang dipertanyakan terhadap warga AS yang terlibat dalam kegiatan keagamaan,"  tambah kedutaan AS.

Pada Januari, Dinas Keamanan Federal (FSB) mengatakan, Rusia telah membuka kasus pidana terhadap warga negara AS atas dugaan spionase.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment