Bangka Barat Optimalkan Peran Perpustakaan Keliling

10 Februari 2023 04:10
Penulis: Alber Laia, news
Antusias anak-anak memanfaatkan kehadiran perpustakaan keliling. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Sahabat.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan peran mobil perpustakaan keliling untuk memfasilitasi warga mengakses buku bacaan berkualitas.

"Sampai saat ini dua unit armada perpustakaan keliling secara terjadwal terus melakukan kunjungan ke masyarakat, menjangkau warga hingga pelosok," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat Farouk Yohansyah di Mentok, Jumat.

Setiap kali mengunjungi warga, mobil perpustakaan keliling menyediakan berbagai jenis buku dan bacaan yang disesuaikan dengan kebutuhan warga setempat.

Dengan adanya buku bacaan tematik sesuai lokasi yang dikunjungi diharapkan bisa memberikan inspirasi dan motivasi agar warga semakin produktif.

"Misalnya kita datang ke lokasi pesisir, maka kita siapkan buku-buku yang sesuai, seperti keterampilan membuat makanan olahan berbahan ikan, pemanfaatan hasil perikanan laut dan sejenisnya, begitu juga saat datang di daerah pertanian tentu kami lebih banyak menyiapkan buku-buku pertanian," katanya.

Dengan pola pelayanan seperti itu diharapkan kehadiran perpustakaan keliling bisa meningkatkan minat baca sekaligus mendorong tumbuhnya pola pikir kreatif dan inovatif sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Mendekatkan buku sesuai kebutuhan masyarakat ini merupakan salah satu implementasi dari program nasional literasi untuk kesejahteraan, pola pelayanan ini mengarah ke sana," ujarnya.

Perpusda Bangka Barat sampai saat ini memiliki koleksi sebanyak 13.125 judul buku dengan jumlah total mencapai 26.616 eksemplar yang disiapkan sebagai bahan bacaan masyarakat dan jumlah anggota perpustakaan mencapai 2.397 orang.

Perpusda terus berupaya meningkatkan jumlah koleksi buku setiap tahun untuk memperkaya koleksi sekaligus memenuhi kebutuhan bahan bacaan sesuai kebutuhan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment