Banjir di Kelurahan Cawang dan Bidara Cina Sudah Surut

13 Februari 2023 05:20
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Warga membersihkan tembok rumahnya saat banjir di Taman Harapan, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (12/10/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

Sahabat.com - Banjir di di Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati dan Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada Minggu (12/2), memasuki Senin pagi ini telah surut.
 
"Alhamdulillah, sudah surut," kata Lurah Cawang Didik Diarjo ketika dihubungi di Jakarta. 

Menurut dia, hujan yang terjadi dengan intensitas sedang di wilayah Jakarta menyebabkan puluhan rumah tergenang air atau banjir sekitar 20-50 centimeter (cm).

"Ada dua RW yang terdampak banjir, yakni RW 03 (RT 02 dan RT 04) dan RW 05 (RT 09 dan RT 011). Totalnya ada 30 rumah," ujarnya.

Didik menuturkan, rumah warga yang terkena banjir akibat luapan Kali Ciliwung lantaran rumahnya berada di bantaran kali.

Dia pun sering kali mengingatkan kepada warga untuk menyiapkan diri bila terjadi hujan di wilayah Jakarta.
 
"Kita juga buatkan posko banjir di Kelurahan Cawang. Bahkan, ada alat pendeteksi banjir yang dipasang oleh BPBD DKI untuk memberitahukan warga bila ada air kiriman dari Katulampa agar siaga," kata Didik.
 
Hal itu, lanjut dia, membuat warga sudah bisa mengetahui apa yang akan dilakukan bila ada air kiriman dari Katulampa.
 
"Koordinasi dengan warga sudah terjadi dengan baik dan Alhamdulillah sudah bisa terkendali," ujar Didik.

Sementara itu, Camat Jatinegara Muchtar, mengatakan, banjir yang terjadi pada Minggu (12/2) di wilayahnya juga telah surut pada Senin pagi ini.

"Airnya sudah surut semua. Sudah kering," kata Muchtar ketika dihubungi terpisah.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment