BMKG: Waspada Peningkatan Kecepatan Angin di Wilayah NTB

19 Mei 2023 07:11
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pohon di salah satu perkantoran di wilayah Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar)

Sahabat.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi peningkatan kecepatan angin di wilayah Nusa Tenggara Barat para peralihan musim kemarau 2023.

"Kecepatan angin maksimum mencapai 40 kilometer per jam," kata Prakirawan Stasiun Zaenudin Abdul Majid, Gede Dedy Krisnawan dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Jumat.

Potensi peningkatan kecepatan angin terjadi di sebagian wilayah di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur.

Selain itu, di Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

"Masyarakat di imbau untuk tetap waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti atap rumah berterbangan, pohon tumbang dan kerusakan fasilitas umum lainnya," katanya.

Selain itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika juga mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang setinggi 2 meter lebih di wilayah perairan Nusa Tenggara Barat.

"Waspada dampak potensi gelombang di wilayah NTB yang mencapai 2 meter lebih," katanya.

BMKG juga menyatakan, kecepatan angin mencapai 27 knot dengan potensi tinggi gelombang di atas 2 meter lebih di selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, dan selat Sape bagian selatan dan Samudera Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat.

"Warga di pesisir pantai wilayah NTB agar tetap waspada terhadap dampak gelombang," katanya.

Di wilayah Samudera Hindia Selatan NTB, kecepatan angin mencapai 27 knot lebih dengan tinggi gelombang mencapai 4 meter lebih, sehingga para nelayan atau nahkoda kapal untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi di perairan NTB.

"Para nelayan maupun nahkoda kapal untuk tetap waspada terhadap dampak gelombang tinggi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment