BMKG: Waspadai Gelombang 2,5 Meter di Perairan Kepulauan

26 Juli 2023 08:38
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kapal yang melayani rute dari Manado menuju Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud diharapkan mewaspadai gelombang tinggi. ANTARA/Karel A Polakitan (1)

Sahabat.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat untuk mewaspadai gelombang setinggi 2,5 meter di perairan wilayah kepulauan dan sekitarnya.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 28 Juli 2023 mendatang," sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky D Aror di Manado, Rabu.

Dia menyebutkan, siklon tropis Doksuri terpantau berada di perairan utara Filipina.

Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya kecepatan angin di perairan Kepulauan Sangihe - Talaud, Laut Maluku, dan sekitarnya.

Pada umumnya angin bertiup dari arah tenggara – barat daya dengan kecepatan antara enam hingga 25 knot.

Ricky menjelaskan, tinggi gelombang antara 1,25 hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian barat dan tengah, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan perairan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Berikutnya, wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro, perairan Bitung - Likupang, perairan selatan Sulut, Laut Maluku serta Teluk Tomini bagian timur

"Kami berharap warga berhati-hati melakukan aktivitas di wilayah perairan dengan ketinggian gelombang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter. BMKG terus menyebarluaskan informasi peringatan ini melalui kanal-kanal informasi yang ada," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment