Bupati Bangga Aplikasi Stunting Buatan Sumedang Direplikasi Kemenkes

10 Februari 2023 14:31
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Menteri Kesehatan Menkes Budi Gunadi Sadikin (kanan) bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kiri) di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (10/2/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sumedang)

Sahabat.com - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengaku bangga aplikasi penanganan stunting buatan Kabupatennya yang bernama Sistem Informasi Penanganan Stunting Terintegrasi (e-Simpati) direplikasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) guna menangani stunting di wilayah lain.
 
Menurutnya, kehadiran Menteri Kesehatan di Kabupaten Sumedang yang juga mengapresiasi aplikasi e-Simpati itu menjadi motivasi bagi Kabupaten Sumedang untuk menjadi yang terbaik di Indonesia.
 
"Saya sangat bersyukur dengan hadirnya Pak Menteri, kami diberikan saran dan masukan dan ini menjadi motivasi sendiri bagi kami untuk lebih baik," kata Dony di Sumedang, Jawa Barat, Jumat.
 
Dony menjelaskan aplikasi e-Simpati merupakan aplikasi yang memiliki keakuratan data. Karena nama dan alamat dalam data stunting yang ada di aplikasi itu menurutnya sangat jelas.
 
Karena itu, menurutnya aplikasi tersebut akan direplikasi oleh Kemenkes untuk penanganan stunting di 50 daerah kabupaten dan kota di Indonesia.
 
"Dan Sumedang ini dikatakan pak Menteri Kesehatan bisa menjadi percontohan penanganan stunting," katanya.
 
Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan 50 kabupaten dan kota yang akan mengujicobakan aplikasi itu merupakan wilayah yang angka stuntingnya tergolong tinggi.
 
"Saya sudah minta izin sama pak Bupati kemarin, boleh nggak saya pakai di nasional," kata Budi.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment