Bupati Banjar Perintahkan SKPD Tambah "CCTV" di Sejumlah Lokasi

09 Februari 2023 02:24
Penulis: Alber Laia, news
Ilustrasi pemasangan kamera CCTV dipasang untuk mengawasi aktifitas jalanan (ANTARA/HO)

Sahabat.com - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur menginstruksikan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait menambah kamera tersembunyi atau "Closed Circuit Television" (CCTV) pada sejumlah kawasan untuk memantau keamanan di lingkungan sekitarnya. 

"Kami sudah menginstruksikan pada rakor mingguan pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Banjar terkait penambahan CCTV di sejumlah kawasan sehingga bisa lebih mudah memantau," ujar Saidi di Martapura, Rabu.

Menurut Bupati Saidi, penambahan CCTV guna memudahkan pemantauan situasi kamtibmas dan pengaturan lalu lintas terutama saat Haul Akbar KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul.

Diketahui, haul ulama kharismatik asal Kalsel itu mampu menyedot jutaan jamaah yang datang dari berbagai daerah hingga luar Pulau Kalimantan sehingga memerlukan pemantauan lalu lintas.

"Penambahan pemasangan CCTV bukan hanya di sekitar ruas Jalan Sekumpul dan sekitarnya tetapi juga di lokasi lain yang strategis untuk mengetahui situasi kamtibmas dan memantau lalu lintas," ungkapnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Banjar Muhammad Aidil Basith mengaku sudah berkoordinasi dengan relawan Posko Induk Sekumpul.

Pertemuan di Aula Cakrawala DKISP diikuti oleh Sekretaris Faisal, Kabid Penyelenggaraan E-Goverment Cornelius Kristiyanto dan jajaran sedangkan pihak relawan tim induk Sekumpul diwakili Abdel dan Agus.

"Hasil rapat melalui survei media teknologi informasi ada 63 titik yang akan dipasangi CCTV tambahan. Lokasinya efektif untuk memantau keamanan dan lalu lintas terutama saat haul," ucap Basith.

Ia menyebutkan, dari 63 CCTV yang akan dipasang petugas, sebanyak 15 unit di antaranya bisa secepatnya terealisasi karena berasal dana CSR dari Icon Plus dan siap segara dipasang pada Maret 2023.

"Bantuan 15 unit dari Icon Plus itu mengurangi anggaran DKISP dan sisanya 48 unit disiapkan dipasang menunggu APBD perubahan atau dialokasikan pada anggaran tahun 2024," tutur Basith.

Dikatakan Basith, sebanyak 63 titik yang dipasangi CCTV tambahan tersebar beberapa kecamatan antara lain di depan Gang Nusantara Sekumpul, depan Kubah Wali 5 Tunggul Irang, Simpang 3 Jalan Melati Indrasari.

Kemudian, Simpang 3 Jalan Veteran Sungai Sipai, Pasar Papan, depan Kubah KH Anang Sya'rani, depan Majelis Guru Munawar, depan Majelis Habib Zein, simpang 3 makam Abah Said Dalam Pagar.

Selanjutnya, Jembatan Dalam Pagar, depan Jembatan Tangkas Jalan Martapura Lama, simpang 4 Keramat Baru, Bundaran PM Noor Karang Intan dan depan Masjid Jami Al Muhajirin Batu Balian.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment