Bupati Ciamis ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Terlantar

02 Februari 2023 03:54
Penulis: Alber Laia, news
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menunjukkan hasil panen jagung di Dusun Sukajaya, Desa Tanjungjaya Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (1/2/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Ciamis)

Sahabat.com - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengajak masyarakat setempat memanfaatkan lahan terlantar untuk ditanami agar menjadi produktif sebagai langkah persiapan menghadapi ancaman krisis pangan global.

"Untuk Ciamis saya yakin dan optimis tidak akan kekurangan pangan, terlebih apabila masyarakat mempunyai keinginan memanfaatkan lahan-lahan terbengkalai atau terlantar menjadi lebih produktif," kata dia saat menghadiri panen raya jagung di Dusun Sukajaya, Desa Tanjungjaya Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat di Ciamis, Rabu (1/2).

Ia menuturkan pemerintah daerah bersama dengan unsur TNI, dan instansi lainnya berupaya mewujudkan ketahanan pangan dengan melakukan pemanfaatan lahan dengan ditanami jagung hingga akhirnya bisa panen.

Ia mengapresiasi Kodim 0613/Ciamis yang telah menjalankan program pembinaan ketahanan pangan berkolaborasi dengan gabungan kelompok tani dan masyarakat melalui penanaman jagung.

"Atas nama pribadi dan pemerintah saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 0613/Ciamis beserta jajarannya yang telah berkolaborasi dengan Gapoktan Surya Medal," katanya.

Ia mengungkapkan saat ini salah satu isu aktual dan menjadi pembahasan di tingkat nasional maupun internasional yaitu ancaman krisis pangan global.

Ia menyebut pentingnya semua pihak memberikan perhatian saksama terkait dengan isu ancaman pangan secara global itu.

"Ketahanan pangan ini tentu harus menjadi perhatian, terutama dalam menghadapi isu global tersebut, yang mana diprediksi tahun ini kita akan krisis pangan," katanya.

Meski ada ancaman, ia mengaku tidak khawatir karena sebagian besar masyarakat Ciamis bekerja sebagai petani yang dapat menjaga ketahanan pangan.

Apalagi, kata dia, saat ini ada program TNI melakukan pembinaan ketahanan pangan yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama generasi muda untuk memiliki minat turun ke sektor pertanian.

"Tentunya sangat membantu kami pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan ketersediaan pangan, serta meningkatkan minat masyarakat terhadap pertanian terutama para generasi muda untuk berkiprah di dunia pertanian," kata Herdiat.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan program tersebut merupakan kegiatan bersama antara TNI, Polri, serta pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah terkait dengan ketahanan pangan.

Ia mengatakan total lahan yang ditanami jagung dalam program pembinaan itu seluas 11 hektare.

"Kegiatan penanaman jagung ini bekerja sama dengan kelompok tani dan dibantu dengan anak-anak pramuka di bawah arahan Ketua DPRD Ciamis," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment