Delapan Daerah di Kaltim Berpotensi Hujan Petir Pada Selasa-Rabu

13 Februari 2023 12:34
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Prakiraan cuaca di Kabupaten Berau pada Selasa dan Rabu yang dirilis BMKG Balikpapan, Senin (13/2/2023). Antara / HO BMKG Balikpapan

Sahabat.com - Sebanyak delapan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Selasa-Rabu (14-15/2), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Senin.

Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya dua daerah yang dalam dua hari ke depan diprakirakan mengalami hujan ringan, yakni Kota Samarinda dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sedangkan delapan kabupaten/kota yang diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir tersebut antara lain di Kota Balikpapan, pada Selasa sekitar pukul 17.00 dan 23.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Timur, sedangkan kecamatan lainnya hanya hujan ringan, kecuali Kecamatan Balikpapan Kota yang cerah.

Kabupaten Kutai Barat pada Selasa sekitar pukul 23.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Sendawar, Long Iram, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn dan Kecamatan Tering, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Kabupaten Berau pada Selasa sekitar pukul 17.00 hujan petir di Kecamatan Kelay dan Segah, pukul 20.00 di Kecamatan Pulau Derawan, dan pukul 23.00 Wita hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Maratua, Batu Putih, dan Biduk-Biduk.

Kota Bontang pada Selasa sekitar pukul 20.00 Wita hingga Rabu dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan (kota ini hanya ada tiga kecamatan), yakni Kecamatan Bontang Utara, Bontang Barat, dan Bontang Selatan.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Selasa pukul 17.00 Wita, hujan petir di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sebulu, Kota Bangun, dan Muara Kaman, sementara sejumlah kecamatan lainnya hujan ringan.

"Sekitar pukul 20.00 sampai 23.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Tenggarong, Muara Badak Loa Kulu, dan Kecamatan Marang Kayu, sedangkan semua kecamatan lain diprakirakan hanya hujan ringan," kata Heni.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment