Diduga Kirim Teknologi Penerbangan ke Rusia, Dua Warga Amerika Serikat Ditangkap

03 Maret 2023 04:01
Penulis: Adiantoro, news
Ilustrasi. Dua warga Amerika Serikat (AS), yakni Cyril Buyanovsky (59 tahun) dan Douglas Robertson (55 tahun), ditangkap di Kansas City, Missouri, karena diduga mengirim teknologi penerbangan AS ke Rusia. (Reuters)

Sahabat.com - Dua warga Amerika Serikat (AS), yakni Cyril Buyanovsky (59 tahun) dan Douglas Robertson (55 tahun), ditangkap di Kansas City, Missouri, karena diduga mengirim teknologi penerbangan AS ke Rusia.

Tindakan itu dinilai melanggar kebijakan kontrol ekspor AS. Hal itu dikatakan Asisten Bidang Penegakan Ekspor di Biro Industri dan Keamanan Departemen Perdagangan AS Matthew Axelrod, pada Kamis (2/3/2023).

"Hari ini, di Kansas City ada penangkapan dua warga negara AS yang ditangkap karena mengirimkan teknologi penerbangan kami ke Rusia," ujar Axelrod, seperti dilaporkan Reuters.

Namun, dia tidak memberikan perincian lebih lanjut terkait penangkapan tersebut. Guna mengungkap kasus tersebut, kata Axelrod, Departemen Perdagangan bekerja sama dengan Biro Investigasi Federal (Federal Bureau of Investigation/FBI) dan jaksa penuntut Departemen Kehakiman AS.

Pada saat Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, AS dan negara lain menerapkan kontrol ekspor untuk membatasi akses Rusia ke teknologi dan barang lain yang dapat mendukung mesin perangnya.

Kontrol tersebut antara lain menargetkan sektor pertahanan, kedirgantaraan, dan maritim Rusia. Sanksi kemudian diperluas hingga mencakup sektor penyulingan minyak, industri, dan komersial Rusia, serta barang-barang mewah.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment