Dinkes: Anak yang Belum Dapat Vitamin A Bisa Datang ke Puskesmas

06 Februari 2023 09:42
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pemberian vitamin A kepada anak yang dilaksanakan hari ini di Posyandu Buroq Tangerang, Senin.

Sahabat.com - Dinas Kesehatan Kota Tangerang menginformasikan kepada masyarakat yang belum membawa anaknya ke posyandu mendapatkan vitamin A maka bisa datang ke puskesmas terdekat.

"Kami bekerjasama juga dengan para kader posyandu yang ada di wilayah. Jadi, nanti akan dicatat siapa saja anak yang belum mendapatkan vitamin tersebut. Bisa juga langsung datang ke puskesmas, nanti akan diberikan di sana," kata Bidan Puskesmas Jurumudi Baru, Elsa Amelia di Posyandu Buroq Tangerang Senin.

Dijelaskannya Puskesmas Jurumudi Baru pada hari ini telah melaksanakan pemberian Vitamin A pada bayi usia 5-11 bulan dan 12-59 bulan di Posyandu Buroq.

Pemberian vitamin ini, tujuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak juga tujuannya untuk mencegah anak-anak terkena rabun senja dan bisa juga mencegah anemia pada ibu nifas.

"Pemberian Vitamin A pada balita ini akan dilakukan dengan mendatangi posyandu-posyandu yang ada di wilayah," katanya.

Ketua Posyandu Buroq, Maria Kholid Hanif mengatakan antusiasme warga sangat tinggi untuk membawa anaknya mendapatkan Vitamin A. Ia berharap, para orang tua juga rutin membawa anaknya ke posyandu untuk mengetahui status gizi atau kesehatan anaknya.

"Saya sampaikan ke warga, lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalau anak sakit, kan yang repot orang tua. Maka dari itu, kalau kita cegah mudah-mudahan tidak terjadi. Saya harap, para orang tua juga setiap satu bulan sekali datang ke posyandu untuk cek kesehatan anaknya," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni menuturkan Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam proses pembentukan sistem penglihatan yang baik dan sangat membantu menunjang kesehatan tubuh.

Vitamin A ini diberikan kepada bayi enam sampai 11 bulan dengan vitamin A berkapsul biru. Sedangkan untuk balita 12-59 bulan yang diberikan ialah vitamin A berkapsul merah.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati, menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan daya tahan tubuh. "Layanan ini dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang sepanjang Februari ini, diseluruh posyandu di Kota Tangerang," kata Kepala Dinas dr Dini.

Ia pun menjelaskan, proses pemberian vitamin A, petugas posyandu atau orangtua diimbau untuk melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sebelum memberikan vitamin A.

Potong ujung kapsul dengan gunting yang bersih dan kering, beri kapsul vitamin A sesuai umur balita dan pastikan isinya tidak tersisa. Setelah vitamin A dikonsumsi sang anak, jangan lupa untuk catat di buku KIA.

“Perlu diketahui, apabila sang anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernapasan atas, campak hingga diare,” katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment