Dinkes Gunung Mas Periksa 1.010 Sampel Darah untuk Deteksi Kaki Gajah

06 Februari 2023 11:49
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Tim tenaga kesehatan mengambil sampel darah salah seorang warga di Kecamatan Tewah, baru-baru ini. (ANTARA/HO-Dinkes Gunung Mas)

Sahabat.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memeriksa 1.010 sampel darah warga setempat guna mendeteksi dini penyakit kaki gajah.

"Pengambilan sampel dan pemeriksaan darah ini pun telah selesai 100 persen," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas Nia Ernawati di Kuala Kurun, Senin.

Pihaknya mengapresiasi peran aktif warga dalam mendukung program eliminasi filariasis, terutama yang bersedia diambil sampel darahnya. Sebanyak 1.010 warga tersebut tersebar di sejumlah desa/kelurahan di 12 kecamatan di Gunung Mas.

Dia mengatakan di kabupaten bermoto "Habangkalan Penyang Karuhei Tatau" ini, pencanangan eliminasi kaki gajah mulai dilaksanakan pada awal Oktober 2016.

Guna mengeliminasi kaki gajah maka warga Gunung Mas wajib meminum obat pencegahan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk ini satu kali dalam setahun, selama lima tahun berturut-turut.

Maka di tahun ini, untuk memastikan daerah setempat bebas dari penyakit kaki gajah, Kementerian Kesehatan melakukan Brugia Impact Survei (BIS) dengan pada tahap pertama ini mengambil sampel darah 1.010 warga.

Dalam pelaksanaannya, pengambilan sampel darah dilakukan mulai pukul 22.00-02.00 WIB. Warga yang menjadi sampel mendukung kegiatan ini sehingga target pengambilan sampel darah dapat tercapai.

Selama pelaksanaan, tim kesehatan juga didampingi oleh TNI/Polri. Personel TNI/Polri juga membantu tim kesehatan selama mengambil sampel darah warga.

“Sampel tersebut selanjutnya akan diperiksa oleh tim khusus, dan hasilnya keluar sekitar satu bulan lagi," kata Nia.

Warga Kuala Kurun, Desi, mengaku sebagai salah satu di antara 1.010 warga Gunung Mas yang diambil sampel darahnya, dalam rangka persyaratan eliminasi filariasis atau penyakit kaki gajah.

“Sebelum diambil sampel darah, saya dihubungi petugas. Mereka mengabarkan akan datang untuk mengambil sampel darah pada pukul 23.00 WIB. Semoga saja hasilnya bagus,” kata dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment