DLH Gerak Cepat Tangani Tumpukan Sampah Rumah Tangga di Surabaya

15 Februari 2023 08:51
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Sejumlah petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menangani tumpukan sampah di rumah salah seorang warga di Jemur Gayungan I Kota Surabaya, Jatim, Rabu (15/2/2024). (ANTARA/HO-DLH Surabaya)

Sahabat.com - Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya gerak cepat menangani tumpukan sampah yang dibiarkan puluhan tahun di rumah salah seorang warga Jemur Gayungan I Kota Surabaya, Jatim, Rabu.

"Seharusnya kalau sampah di persil perorangan, maka menjadi tanggung jawab yang punya persil (pemilik rumah)," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi di Surabaya, Rabu.

Meski demikian, lanjut dia, demi ketertiban dan kenyamanan warga setempat maka DLH membantu menangani sampah di rumah warga tersebut.

"Kami kerjakan," kata dia.

Anggota Komisi Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya Agung Prasodjo sebelumnya mengatakan kondisi tersebut membuat risih para tetangga sehingga mereka melaporkan ke lurah dan camat setempat.

Bahkan, lanjut dia, warga juga sudah melaporkan tumpukan sampah di rumah Yutriana ke Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya, namun sampai saat ini juga belum ada solusi mengatasi hal itu. Rumah Yutriana sebetulnya sudah masuk prioritas perbaikan rumah tidak layak huni pada 2023.

"Kemarin juga sudah dibantu warga untuk membersihkan sampah. Tapi itu hanya bagian luar rumahnya saja karena untuk bagian dalam rumah tidak boleh dimasuki orang luar. Memang yang bersangkutan orangnya agak unik," ujar dia.

Menurut Agung, seharusnya pemerintah kota tidak boleh kalah dengan masyarakat yang seenaknya sendiri.

"Aturan hidup di masyarakat harus menjunjung norma kehidupan dan 'tepo seliro' (tenggang rasa). Harus ada ketegasan dari aparatur pemerintah," kata dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment