DPMPD Kaltim Dorong Pengembangan Bumdes

08 Februari 2023 02:22
Penulis: Alber Laia, news
Kepala DPMPD Kaltim , Anwar Sanusi (Diskominfo Kaltim)

Sahabat.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kalimantan Timur mendorong pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat.

Kepala DPMPD Kaltim, Anwar Sanusi meminta pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terus digalakkan di semua desa yang ada di wilayah Kaltim.

"Saat ini di seluruh wilayah Indonesia terus mendorong penguatan BUMDes, dan tentunya di Kaltim tidak boleh tinggal diam, kita harus pacu Bumdes terus berkembang," kata Anwar Sanusi di Samarinda, Selasa.

Menurut Anwar keberadaan BUMDes, merupakan pondasi ekonomi masyarakat di desa, sehingga harus terus mendapatkan perhatian dan bantuan dari Pemerintah baik Kabupaten maupun Provinsi

Selain itu, di masa serba digital ini, BUMDes harus bisa mengikuti jaman yang sudah berubah, jangan sampai ketinggalan.

Pendirian BUMDes bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat mensejahterakan desa, serta meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

Keberadaan BUMDes harus mendapat support untuk itu pihaknya mencoba kolaborasi dengan pihak ketiga terutama perusahaan dengan CSR-nya.

"Kemudian mengadakan Workshop pelatihan bagi pengurus BUMDes itu sendiri," jelasnya.

Anwar berharap agar BUMDes melakukan pendaftaran untuk mendapatkan status sebagai badan hukum, karena Status badan hukum memberikan kemudahan bekerja sama dengan pihak lain bagi BUMDes.

"Saya mendorong agar BUMDes di desa-desa berbadan hukum biar mudah menjalin kerjasama,"tegasnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment