Empat Perusda di Kabupaten Kudus Catatkan Laba

27 Januari 2023 08:25
Penulis: Alber Laia, news
Kantor Perumda Tirta Muria atau lebih dikenal PDAM Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Sahabat.com - Empat perusahaan daerah (perusda) milik Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhasil membukukan laba selama 2022 dengan capaian semua perusda melampaui target yang ditetapkan.

"Keempat perusahaan daerah tersebut, yakni Perumda Tirta Muria, Perusahaan Daerah (PD) BPR Bank Daerah, PD Percetakan, dan PD Apotek," kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kudus Dwi Agung Hartono di Kudus, Jumat.

Ia mengatakan laporan perolehan laba dari keempat perusahaan daerah tersebut merupakan laporan sementara karena harus menunggu audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) yang tercatat di BPK.

Setelah ada audit, kata dia, akan disampaikan kepada BPK untuk dilihat hasil auditnya.

Capaian laba dari keempat perusda tersebut, kata dia, melampaui target yang ditetapkan.

Dari keempat perusda tersebut, laba terbesar dibukukan oleh PD BPR Bank Daerah Kudus sebesar Rp866,78 miliar atau 415,9 persen dari target setahun sebesar Rp208,41 miliar.

Capaian laba sebesar itu, imbuh dia, disebabkan karena adanya pengembalian kredit macet pada tahun 2022 setelah melalui eksekusi proses hukum.

"Sementara itu dari sisi sumbangan terbesar bagi pendapatan daerah tentunya masih dari laba Perumda Tirta Muria dengan perolehan laba sebesar Rp4,26 miliar," ujarnya.

Perumda Tirta Muria tersebut, kata dia, juga berhasil melampaui target laba karena capaiannya 101,23 persen dari target sebesar Rp4,2 miliar.

Untuk perusda lainnya, seperti PD Percetakan mencatatkan laba Rp146,67 juta atau 100,43 persen dari target Rp146,04 juta dan PD Apotek terealisasi sebesar Rp81,84 juta atau 100,73 persen dari target Rp81,25 juta.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment