Festival Imlek 2023 Momentum Kebangkitan Pariwisata di Bangka

03 Februari 2023 05:26
Penulis: Alber Laia, news
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Maddona saat membuka kegiatan ceria Imlek 2023 (ANTARA/Kasmono)

Sahabat.com - Festival ceria Imlek 2023 di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi momentum membangkitkan sektor kepariwisataan di daerah itu setelah sempat berhenti akibat pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Maddona di Sungailiat Jumat mengatakan, festival ceria Imlek yang merupakan kalender tahunan pariwisata diyakini mampu menjadi tonggak kebangkitan dan menata kembali kepariwisataan.

Festival ceria Imlek 2023 mengusung tema "Keharmonisan Dalam Keragaman Budaya" dipusatkan di De’Locomotief – Tongachi Beach berlangsung mulai tanggal 2 sampai 4 Februari 2023 mendatang diisi sejumlah lomba seperti lomba Bangka Noodle Festival, lagu mandarin, festival barongsai, turnamen panco dan serta lomba busana imlek.

Rismy memberikan apresiasi kepada pengelola destinasi wisata di daerah itu yang mampu bertahan meskipun dengan beragam keterbatasan.

"De’Locomotief – Tongachi Beach merupakan salah satu destinasi wisata yang diunggulkan selain keindahan wisata pantai, posisi terletak tidak jauh dari pusat Kota Sungailiat sehingga mudah dijangkau wisatawan," jelasnya.

Even pariwisata ini selain memberikan ruang hiburan kepada masyarakat juga sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan dan memperkenalkan kembali seni budaya etnis Tionghoa kepada masyarakat dan generasi muda.

Rismy mengatakan kegiatan pariwisata tidak hanya sebagai sarana promosi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui bazar UMKM yang disediakan.

"Sektor pariwisata memiliki korelasi erat dengan sektor UMKM yang dikembangkan masyarakat sehingga secara bersamaan kedua sektor ini mampu memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Kalender pariwisata Kabupaten Bangka tahun 2023, telah ditetapkan puluhan agenda kegiatan dengan harapan mampu menarik wisatawan dalam dan luar negeri.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment