Gempa Besar M7,1 China hingga Kazakhstan, KBRI Astana Pastikan Semua WNI Selamat

24 Januari 2024 13:23
Penulis: Ramses Manurung, news
Tim penyelamat mencari korban yang tertimbun reruntuhan bangunan akibat gempa bumi 7,1 magnitudo yang melanda Xinjiang, China/ist

Sahabat.com-Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Astana mengabarkan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban akibat gempa besar 6,7 magnitudo yang mengguncang Almaty, Ibu Kota lama Kazakhstan dampak dari gempa 7,1 magnitudo di Xinjiang, China.  

Meski demikian KBRI Astana menghimbau semua WNI di Kazakhstan dan Tajikistan untuk terus berjaga-jaga.

Dubes RI Astana Dr. M. Fadjroel Rachman menegasan semua WNI dalam kondisi aman dan selamat pasca gempa.

“ALHAMDULILLAH sampai saat ini, laporan kepada KBRI ASTANA SEMUA WNI AMAN dan SELAMAT jadi KELUARGA di Indonesia tidak perlu khawatir. Semoga semuanya sehat wal afiat dan tidak ada kerusakan,” bunyi pengumuman KBRI, dikutip Instagram.

“Mohon semua WNI terus berjaga-jaga dan terus memberikan informasi terakhir kepada KBRI Astana, agar kami segera bisa bertindak bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada semua WNI di Kazakhstan, juga di Tajikistan,” lanjutnya.

Baca juga: Hasil Analisis BMKG terkait Gempa M5,9 Guncang Tanimbar Maluku

“Segera kontak Ibu @Bu Firma Indo perlindungan WNI dan staff KBRI Astana @Gustaf @Dudugithuloch @Ari PK Nur-Sultan @BPKRT- Vera Juntak @Andi Zulkarnain @Agung Saputra @Himmatul Ulya @Deby dan lainnya. Terimakasih,” tambahnya.

Diketahui, wilayah pegunungan dan terpencil di wilayah Xinjiang, China diguncang gempa bumi berkekuatan 7,1 magnitudo pada Selasa (23/1/2024) pagi. 

Dilaporkan gempa tersebut melanda wilayah Wushi, juga dikenal sebagai wilayah Uqturpan, di prefektur Aksu dekat perbatasan Kyrgyzstan sekitar pukul 02.00 waktu setempat. 

Media pemerintah melaporkan banyak korban.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment