Haul Guru Sekumpul Dorong Peningkatan Kunjungan Wisata di Banjarbaru

29 Januari 2023 05:41
Penulis: Alber Laia, news
Sejumlah warga berjalan menuju lokasi acara Haul ke-18 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) di Jalan Kertak Baru Kampung Keramat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (26/1/2023). Wakil Presiden Ma'ruf Amin direncanakan akan hadir untuk mengikuti rangkaian kegiatan Haul Abah Guru Sekumpul yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.

Sahabat.com - Momentum peringatan wafat atau haul Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul Martapura, Kalimantan Selatan mendorong peningkatan kunjungan wisata di Banjarbaru.

"Alhamdulillah, Insya Allah momen Haul Guru Sekumpul menjadi berkah bagi kita semua termasuk mampu mendorong peningkatan kunjungan wisata," ujar Kadis Pemuda Olahraga Budaya Pariwisata Kota Banjarbaru, Ahmad Yani di Banjarbaru dilaporkan Minggu.

Ia mengatakan kegiatan religius yang diperkirakan menyedot puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah di Kalsel, bahkan Kalimantan hingga daerah lainnya di Indonesia tentu membawa keberkahan.

Menurut dia, jamaah yang berasal dari berbagai daerah itu berangkat menuju satu titik, yakni pusat haul di Mushalla Ar-Raudhah Kelurahan Sekumpul Martapura dan melintasi sebagian wilayah Banjarbaru.

"Daerah kita bertetangga dengan Sekumpul Martapura sehingga tentu melintasi Banjarbaru dan diharapkan sepulangnya berniat mengunjungi sejumlah objek wisata yang tersebar di sejumlah lokasi," ucapnya.

Dikatakan, pihaknya sesuai arahan Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin sudah membuka Mes L sebagai salah satu tempat singgah bagi jamaah yang berdatangan dari berbagai daerah.

"Mes L merupakan salah satu ikon wisata Banjarbaru sehingga setiap jamaah bisa menikmati kuliner dan produk UMKM maupun kerajinan lain yang dijual di tempat tersebut," ujar pria akrab disapa Yani Makkie itu.

Disebutkan, kawasan wisata lain yang bisa dikunjungi jamaah seperti Makam Syarifah Badrun di wilayah Kecamatan Cempaka, dan sejumlah kawasan ikonik Banjarbaru dengan nama disesuaikan tema wilayah.

Dikatakan, Banjarbaru memiliki ikon sesuai tema kawasan yang diberi nama tertentu seperti Kampung Pelangi, Kampung Purun dan juga Kampung Pengolah Jamu Loktabat di Kelurahan Loktabat Selatan.

"Kampung tematik tersebut menjadi suatu unggulan wisata Banjarbaru sehingga jamaah haul sebelum pulang bisa menikmati keunikan tersendiri yang ditampilkan di daerah itu," ungkapnya.

Sementara, hiburan keluarga yang juga bisa dikunjungi, yakni Alaska Park di Kelurahan Cempaka dan Amanah Borneo Park di Kelurahan Palam yang selama ini menjadi tujuan kunjungan wisatawan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment