Jalan Lintas Lampung-Bengkulu Sempat Terhambat Akibat Tanah Longsor

28 Februari 2023 08:46
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Suasana saat petugas sedang melakukan evakuasi tanah longsor (ANTARA/HO)

Sahabat.com - Arus Lalu lintas yang menghubungkan Provinsi Lampung dengan Provinsi Bengkulu sempat terhambat dikarenakan bencana alam tanah longsor terjadi di Pekon (Desa) Penengahan, Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Kapolsek Pesisir Utara, Polres Pesisir Barat, Lampung AKP Heri Oktarino menjelaskan, bahwa peristiwa tanah longsor tersebut terjadi, Selasa sekira pukul 03:00 WIB. Setelah mendapatkan informasi tersebut pihaknya langsung bergerak untuk meninjau lokasi longsor yang terjadi.

"Untuk sementara penyebabnya tanah longsor tersebut karena curah hujan yang cukup tinggi mengguyur wilayah setempat sejak malam hingga dini hari, sehingga menyebabkan tanah longsor hingga menutupi seluruh badan jalan yang menghubungkan Provinsi Lampung dan Bengkulu," kata AKP Heri saat dikonfirmasi di Pesisir Barat, Selasa.
 
Dikatakan, pihaknya langsung cepat merespon peristiwa tersebut dan langsung berkoordinasi dengan dinas terkait, untuk menerjunkan alat berat guna mengevakuasi material longsor.

"Pukul 10:00 WIB tadi proses evakuasi sudah selesai dilakukan, dan arus lalulintas saat ini sudah berjalan lancar," kata dia.

Dirinya mengatakan, meskipun sudah bisa dilalui kendaraan, tetapi pengendara khususnya yang mengendarai sepeda motor diminta untuk lebih berhati-hati karena jalan masih banyak lumpur dan licin sehingga rawan terjadi kecelakaan.

"Sekarang petugas Polsek bersama operator eksavator masih tetap siaga di lokasi untuk antisipasi longsoran susulan, karena dataran tinggi masih banyak menyimpan air," ujar dia.

Dia mengatakan, akibat bencana tanah longsor tersebut, mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang. Tetapi untuk saat ini arus lalu lintas sudah normal seperti biasa.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment