Kalimantan Timur Siapkan Tenaga Kerja Kompeten

03 November 2023 06:58
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Acara penutupan program magang di dalam negeri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Timur pada 1 November 2023. (HO Diskominfo Kaltim)

Sahabat.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur mengadakan pelatihan dan program magang dalam upaya menyiapkan tenaga kerja kompeten guna mendukung pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur Rozani Erawadi di Kota Samarinda, Jumat, mengemukakan pentingnya penyiapan sumber daya manusia yang kompeten guna mendukung pembangunan dan pengembangan IKN Nusantara.

Menurut dia, upaya penyiapan tenaga kerja yang kompeten mencakup pelaksanaan program pelatihan dan magang di dalam negeri dengan pembiayaan pemerintah.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengadakan program magang di dalam negeri bagi total 366 orang dari daerah seperti Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Timur, Kutai Barat, Penajam Paser Utara, dan Paser.

"Magang kerja adalah bentuk pendidikan dan pelatihan kejuruan teknis yang menggabungkan off the job training dan on the job training, memungkinkan peserta memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan di perusahaan," katanya.

"Melalui program ini, peserta akan mendapatkan pengalaman kerja di dunia nyata, termasuk keterampilan, sikap mental, etos kerja, perilaku dan budaya kerja di industri," ia menambahkan.

Ia menjelaskan, program magang di dalam negeri yang pembiayaannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara lamanya lima bulan sedang program yang pembiayaannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah mencakup pelatihan selama satu bulan dan magang selama tiga bulan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment