Kelurahan Susukan Kerahkan 120 Petugas Gerebek Jentik Nyamuk Cegah DBD

08 Februari 2023 13:41
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Seorang kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) memasukkan obat pemberantas jentik nyamuk ke dalam bak penampungan air di sebuah rumah warga di Kelurahan Harapan Mulya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2022). ANTARA FOTO/Andi Bagasela/wsj/nym.

Sahabat.com - Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur mengerahkan 120 petugas untuk melakukan kegiatan gerebek jentik nyamuk Aedes Aegypti dalam upaya mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Lurah Susukan Andri Priwitaman dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan kegiatan bersih-bersih jentik nyamuk dilakukan guna menekan lonjakan kasus DBD di wilayahnya mengingat dalam beberapa hari terakhir ini, intensitas hujan cukup tinggi.
 
"Dalam beberapa hari ini, kita melihat intensitas hujan cukup deras dan saya meminta warga lebih waspada untuk mengantisipasi penyebaran DBD," kata Andri.
 
Dalam aksi bersih-bersih ini petugas langsung ke titik fokus yakni pemukiman warga di RW 03 yang memiliki penampungan air di lingkungannya.
 
"Kita juga melakukan imbauan kepada warga untuk menerapkan 3M (Menguras, Menutup, Mengubur)," tuturnya.
 
Selain bak mandi, kata Andri, petugas gabungan juga melakukan pemeriksaan benda-benda di luar rumah yang dapat menjadi tempat penampungan air, seperti bekas botol, kaleng, ban, dan lainnya yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan jentik nyamuk.
 
"Kami bersama petugas pemantau jentik di tingkat kelurahan rutin melakukan monitoring ke rumah-rumah warga dengan tujuan untuk memotivasi masyarakat agar selalu sadar bahaya demam berdarah," ujarnya.
 
Dia juga meminta agar kader jumantik  terus melakukan pemantauan dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment