Korban Tewas akibat Gempa di Turki dan Suriah Tembus 41.000 Orang

16 Februari 2023 11:50
Penulis: Ramses Manurung, news
Tim penyelamat terus berjibaku melakukan pencarian para korban gempa Turki dan Suriah yang terperangkap di bawah reruntuhan bangunan/ist

Sahabat.com - Jumlah korban tewas akibat gempa mematikan yang meluluhlantakkan Turki dan Suriah pada Senin pekan lalu, masih terus bertambah. Sampai dengan Kamis (16/2), jumlah korban meninggal telah mencapai 41 ribu orang.

Diperkirakan jumlah korban meninggal akibat gempa Turki dan Suriah masih akan bertambah. 

Tim penyelamat masih terus melakukan pencarian para korban yang terperangkap di bawah reruntuhan bangunan. 

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Selasa (14/2) bahwa 35.418 orang tewas dalam gempa berkekuatan 7,8 magnitudo yang mengguncang Kota Kahramanmaras pada 6 Februari, menjadikannya gempa paling banyak menelan korban dalam sejarah Turki.

Gempa telah menghancurkan puluhan ribu bangunan dan rumah, membuat banyak penduduk harus bertahan tanpa perlindungan dari musim dingin. 

Sementara itu menurut data yang dikumpulkan badan kemanusiaan PBB dan kantor berita pemerintah Suriah, lebih dari 5.500 orang dilaporkan tewas di Suriah.

Delapan hari setelah gempa, tim penyelamat terus berusaha menyelamatkan lebih banyak orang yang selamat dari reruntuhan pada Selasa (14/2/2023). 

Terbaru, mereka berhasil melakukan penyelamatan ajaib dengan menyelamatkan Muhummed Cafer Cetin yang berusia 18 tahun dan saudara laki-lakinya yang berusia 21 tahun, yang terperangkap hampir 200 jam di bawah reruntuhan sebuah bangunan di Kahramanmaras.

Mereka juga berhasil menyelamatkan seorang ibu dan dua anaknya di Antakya.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment