Kwarda Pramuka Kalbar Dorong Penggalang Berprestasi Harumkan Daerah

24 Februari 2023 17:59
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie saat menghadiri kegiatan Lomba tingkat regu Pramuka Penggalang (LT) IV Kwarda Kalbar, di Pontianak, Jumat (23/2/2023). ANTARA/Dedi

Sahabat.com - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie mendorong Pramuka Penggalang untuk berprestasi hingga tingkat nasional agar bisa mengharumkan nama daerah.

"Kepada adik-adik Penggalang untuk bersemangat mengikuti kegiatan agar ke depannya dapat berprestasi hingga mengharumkan nama Kalbar di kancah nasional," ujarnya saat kegiatan Lomba tingkat regu Pramuka Penggalang (LT) IV Kwarda Kalbar, di Pontianak, Jumat.

Terkait LT IV Kwarda Kalbar yang berlangsung di Kampus IKIP PGRI Pontianak diikuti diikuti 14 Kwartir Cabang se-Kalbar dengan formasi 16 Pramuka Penggalang Putra dan Putri pemenang Lomba Tingkat III.

"LT IV Kwarda Kalbar diikuti ini 11 dari 14 Kwartir Cabang se-Kalbar, adapun Kwarcab yang tidak berpartisipasi antara lain Bengkayang, Kayong Utara dan Kapuas Hulu," kata dia.

Ia menjelaskan peserta LT IV merupakan peserta didik yang berusia 11 - 15 tahun yang mayoritas duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Kegiatan LT IV menyajikan lebih dari 30 mata lomba yang pelaksanaannya berlangsung Kamis 23 hingga Minggu 26 Februari 2023.

"Lomba yang digelar antar lain packing, pionnering, orientering, masak timba, reportase kegiatan serta lomba ketangkasan lainnya. Kegiatan lomba tingkat yang berlangsung 5 tahun sekali menjadi kegiatan kompetisi tertinggi di Pramuka Penggalang yang berlangsung di penjuru Tanah Air," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalbar, Alfian menyampaikan pesan kepada peserta untuk senantiasa berkegiatan berpedoman Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

"Di tengah perkembangan teknologi dan digitalisasi ini Pramuka harus mampu mengasah keterampilan di bidang tersebut agar dapat kelak bersaing di kehidupan selanjutnya," katanya.

Menurut dia, ke depannya sumber daya manusia yang unggul dan profesional bersumber dari gerakan pramuka dapat berkontribusi dalam kemajuan pembangunan Kalbar.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment