Lima Kabupaten di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Pada Rabu-Kamis

07 Februari 2023 12:57
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Informasi prakiraan cuaca di Kabupaten Paser pada Rabu-Kamis yang dirilis BMKG Balikpapan, Selasa (7/2) (Antara / HO BMKG Balikpapan)

Sahabat.com - Lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Rabu-Kamis (8-9/2), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor,," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Kaltim, Selasa.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing, agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Rincian dari lima kabupaten tersebut adalah Kabupaten Paser diprakirakan terjadi hujan lebat pada Rabu sekitar pukul 20.00 Wita di empat kecamatan, yakni Tanah Grogot, Batu Engau, Pasir Belengkong, dan Kecamatan Kuaro.

Pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi hanya di Kecamatan Muara Komam, sedangkan Kecamatan Batu Sopang, Long Ikis, dan Long Kali diprakirakan hanya terjadi hujan ringan.

Kabupaten Mahakam Ulu pada Rabu sekitar pukul 20.00 dan 23.00 sampai Kamis dini hari, hujan ringan hingga hujan petir diprakirakan terjadi pada empat kecamatan, yakni Long Apari, Long Bagun, Laham, dan Kecamatan Long Pahangai.

Kabupaten Kutai Timur pada Rabu sekitar pukul 14.00 Wita, hujan ringan hingga hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Kaliorang dan Kaubun, kemudian hujan ringan di Kecamatan Kongbeng, Muara Wahau, Sangkulirang, Bengalon, Busang, dan Rantau Pulung.

Selanjutnya adalah sekitar pukul 17.00 dan 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Wahau dan Busang, pukul 23.00 Wita, hujan ringan berpotensi terjadi pada hampir semua kecamatan di Kutai Timur.

Kabupaten Kutai Barat pada Kamis dini hari, hujan lebat berpotensi terjadi di Kecamatan Bentian Besar dan Siluq Ngurai, sedangkan kecamatan lainnya diprakirakan hanya hujan ringan.

"Untuk Kabupaten Berau, pada Rabu sekitar pukul 17.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Kelay dan Segah, sedangkan Kecamatan Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur," kata Ilham.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment