Militer Niger Tunggangi Paspampres Kudeta Presiden Mohamed Bazoum

27 Juli 2023 09:33
Penulis: Ramses Manurung, news
Kolonel Amadou Abdramane didampingi sembilan perwira lainnya langsung menggelar konferensi pers di TV usai mengkudeta Presiden Mohamed Bazoum/ist

Sahabat.com-Terjadi penggulingan kekuasaan secara paksa di Niger. Presiden Mohamed Bazoum yang terpilih melalui proses politik yang demokratis dikudeta oleh militer Niger, pada Kamis (27/7/2023).

Kudeta itu dipimpin Kolonel Amadou Abdramane yang menggunakan Paspampres untuk merebut kekuasaan di Istana Negara.

Usai merebut kekuasaan dari tangan Mohamed Bazoum, Abdrame langsung menggelar konferensi pers di TV.   

"Kami mengakhiri rezim yang Anda kenal karena situasi keamanan yang memburuk dan pemerintahan yang buruk," kata Abdrame didampingi sembilan perwira lainnya. 

Abdramane juga mengumumkan semua lembaga negara berhenti sementara. Dia mengingatkan agar tidak ada intervensi asing dan memastikan keselamatan Bazoum. 

Bazoum merupakan presiden pertama Niger yang terpilih secara demokratis pada 2021. Dia merupakan sekutu dekat Prancis. Amerika Serikat juga ikut memantau stabilitas keamanan di Niger. Ratusan juta dolar digelontorkan untuk membantu meningkatkan keamanan di Niger.  

Kudeta di Niger menambah deretan kisah perebutan kekuasaan secara paksa di wilayah Afrika Barat dan Tengah sejak tahun 2020. Total ada tujuh negara, diantaranya Mali dan Burkina Faso yang juga mengalami situasi yang sama.

 

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment