Pemkab Bekasi Perbaiki Jalan CBL Secara Bertahap

01 Februari 2023 07:58
Penulis: Alber Laia, news
Jalan Cikarang Bekasi Laut yang dalam kondisi rusak. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Sahabat.com - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan memperbaiki kerusakan Jalan Cikarang Bekasi Laut (CBL) sepanjang total tiga kilometer secara bertahap pada 2023.

"Perbaikan Jalan CBL sebagai langkah strategis pemerintah daerah untuk mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Jabar, Rabu.

Dia mengatakan perbaikan jalan pada ruas ini menjadi salah satu fokus utama pemerintah daerah terkait pembenahan infrastruktur di Kabupaten Bekasi sekaligus upaya merespons cepat keluhan masyarakat.

Dani menjelaskan pada tahun ini perbaikan Jalan CBL akan dilakukan dalam dua sesi pengerjaan dengan masing-masing tahap perbaikan sepanjang 1,5 kilometer.

"Titik pekerjaan perbaikan difokuskan pada ruas jalan yang mengalami kerusakan paling parah," katanya.

Ia mengaku total ruas Jalan CBL dengan kondisi rusak mencapai 11 kilometer. Pemerintah daerah telah melakukan perbaikan sepanjang 1,5 kilometer selama periode anggaran tahun 2022.

"Mengapa bertahap, tidak sekaligus, karena anggaran yang dibutuhkan juga cukup besar. Jadi, kita menyesuaikan kemampuan keuangan daerah," katanya.

Menurut dia, besarnya anggaran untuk perbaikan Jalan CBL disebabkan pengerjaan menggunakan spesifikasi tinggi agar kualitasnya lebih baik dan mampu bertahan lebih lama.

"Kenapa anggaran yg dibutuhkan sangat besar, karena beban jalan di Kabupaten Bekasi cukup berat akibat lalu-lalang truk-truk besar dari kawasan industri. Maka, kualitas jalan yang dibangun harus kelas satu, yang biaya per meternya juga memang sangat mahal," kata dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment