Pemkab Gunungkidul Tingkatkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik

27 Februari 2023 08:07
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pengajian dan Silaturahmi di Halaman SD Negeri Surodadi II Ponjong. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Sahabat.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meningkatkan pendidikan karakter bagi peserta didik di seluruh sekolah wilayah ini dalam upaya penguatan moralitas generasi penerus bangsa.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Senin, mengatakan pendidikan karakter untuk generasi penerus bangsa sangat pentingnya pada saat ini dan masa mendatang.

"Pendidikan karakter sangat diperlukan untuk penguatan moralitas generasi penerus bangsa. Untuk itu kita persiapkan sejak dini agar 2045 kelak menjadi generasi emas," kata Sunaryanta.

Ia mengatakan dengan cepatnya transformasi saat ini menuntut semua pihak untuk cepat beradaptasi dengan teknologi dan ilmu pengetahuan. "Literasi yang dicanangkan oleh kepala sekolah sebelumnya mesti kita dorong mengingat masih rendahnya literasi di Indonesia," katanya.

Pemkab Gunungkidul berupaya meningkatkan pembangunan di sektor pendidikan. Saat ini rata-rata lulusan di Gunungkidul hanya mencapai tingkat SMP.

"Kami berupaya meningkatkan rata-rata lulusan pendidikan. Saat ini Gunungkidul masih cukup tertinggal dengan kabupaten lain," katanya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Negeri Surodadi II Ponjong Siti Mahmudah memaparkan dalam laporannya SD Negeri Surodadi II Ponjong ada 84 siswa yang menimba ilmu di sekolah dasar tersebut.

"Kami berterima kasih atas kepercayaannya masyarakat untuk mendidik anak-anak," katanya.

SD Negeri Surodadi II dalam program belajarnya mengutamakan peningkatan karakter peserta didik agar menjadi insan yang berakhlak mulia.

"Setiap Selasa kita punya kegiatan literasi membaca dan pembentukan karakter keagamaan," kata Siti.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment