Pemkab Mappi Teken MoU Dengan RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

08 Februari 2023 06:33
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar (kedua dari kanan) bersama Direktur Utama RSUP dr Wahidin Sudirohusodo Makassar Syafri Kamsul menunjukkan nota kesepahaman (ANTARA/HO-Humas Pemkab Mappi)

Sahabat.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi, Papua Selatan bersama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sulawesi Selatan menandatangani nota kesepahaman atau MoU untuk memberikan layanan rujukan kepada masyarakat Mappi.

Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada jajaran Direksi RSUP dr. Wahidin yang membuka diri dan memberi kesempatan untuk menjalin kerja sama terkait pelayanan kesehatan rujukan.

Menurut Gomar, penandatangan kerja sama itu berdasarkan hasil asesmen dan juga koordinasi yang telah dilaksanakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi dalam menindaklanjuti visi misi dan kebijakan program prioritas daerah tersebut.

"Dengan segala prestasi yang sudah dicapai oleh RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, diyakini dapat memberikan jaminan mutu pelayanan dan akses kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Mappi," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya berharap ke depan pelayanan kesehatan rujukan melalui perjanjian kerja sama ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak dan menjadi proyek percontohan kepada kabupaten/kota di Tanah Papua yang belum menjalin kerja sama dengan RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Dia mengungkapkan kerja sama tersebut dilakukan karena RSUD Kabupaten Mappi yang masih berstatus tipe D, sehingga masih memiliki kekurangan yang harus dibenahi seperti tenaga medis, dokter dan spesialis yang masih terbatas.

"Sehingga untuk melengkapi itu membutuhkan waktu yang cukup lama sementara pelayanan kesehatan tidak bisa ditunda, karenanya kami mengambil kebijakan untuk bekerja sama dengan beberapa rumah sakit," ujarnya.

Dia menambahkan, selain dengan RSUP dr Wahidin Makassar, Pemkab Mappi juga akan menjalin kerja sama dengan beberapa
rumah sakit dalam memberikan layanan Kesehatan Rujukan, yakni RSUD Merauke, RSUD Dok II Jayapura dan RS. Ortopedia Solo.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP dr Wahidin Sudirohusodo Makassar Syafri Kamsul Arif mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemkab Mappi yang sudah berinisiatif dalam rangka meningkatkan permasalahan pelayanan kesehatan rujukan bagi masyarakat Kabupaten Mappi.

Menurut Arif, kerja sama ini merupakan wujud tanggungjawab dari RSUP dr Wahidin dalam menjalankan amanat dari Kementerian Kesehatan untuk menjadikan seluruh rumah sakit vertikal bisa memberikan advokasi dan support kewilayahan dalam rujukan pelayanan kesehatan dengan menjangkau semua daerah dari Aceh sampai Papua.

"Kami sangat antusias bisa melakukan misi ini karena ini adalah salah satu wujud dari transformasi kesehatan yang sudah dicanangkan sejak awal oleh Kementerian Kesehatan RI," katanya.

Penandatanganan MoU  itu telah berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa 7 Februari 2023.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment