Pemkot Jakbar Gulirkan Perpustakaan Virtual di Sejumlah Rumah Ibadah

31 Januari 2023 08:57
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, saat meresmikan Beranda Baca (Beca) di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa (31/1/2022). ANTARA/ HO-Pemkot Jakarta Barat

Sahabat.com - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menggulirkan perpustakaan virtual di seluruh rumah ibadah dalam program "Jumat Berfaedah 2023" untuk menumbuhkan minat baca warga.

"Kita sebar di titik-titik rumah ibadah, baik itu di masjid, gereja, pura, wihara, dan klenteng agar budaya baca meningkat sehingga wawasan pengetahuan warga juga lebih luas," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko di Jakarta, Selasa.

Yani mengatakan "Jumat Berfaedah" merupakan program yang digulirkan Pemerintah Kota Jakarta Barat mulai dari bedah rumah hingga hibah kursi roda yang dilaksanakan setiap Jumat termasuk perpustakaan virtual yang akan dimulai Februari 2023.

Yani menjelaskan,sejauh ini pihaknya sudah membangun 300 dari target 393 titik perpustakaan virtual. Titik-titik tersebut tersebar di seluruh kecamatan wilayah Jakarta Barat.

Direncanakan 90 titik perpustakaan virtual sisanya akan dibangun Pemkot Jakarta Barat di seluruh rumah ibadah.

Dalam lokasi perpustakaan virtual tersebut nantinya akan dipasangi kode batang (barcode) yang bisa langsung dipindai oleh telepon genggam. Setelah terpindai, warga bisa mengakses sekitar 200 buku melalui telepon genggam secara gratis.

Pihaknya juga telah membangun pojok baca bernama Beranda Baca (Beca) di kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Di Beca tersebut juga tersedia barcode dan fisik buku yang bisa langsung dibaca oleh warga maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) Jakarta Barat.

Dengan keberadaan tersebut, diharapkan para ASN di Jakarta Barat semakin rajin membaca sehingga wawasannya pun luas.

"ASN tugasnya melayani publik maka perlu wawasan luas sehingga dapat dengan cepat dan maksimal melayani masyarakat," jelas Yani.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment