Pemkot Jakpus Targetkan Tanam Ribuan Pohon di Lahan Pemprov DKI

27 Januari 2023 18:14
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma menanam pohon di lahan aset milik Pemprov DKI Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2023). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Sahabat.com - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menargetkan penanaman 7.773 pohon di lahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai upaya penataan dan penghijauan aset tersebut.

"Aset-aset Pemda yang mungkin tidak terawat dan tidak tertata ditanami pohon-pohon lebih hijau. Ini dilakukan secara serentak dari tingkat kelurahan hingga tingkat pemerintah kota," kata Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta Pusat, Jumat.

Bersama Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartoni, Pemkot Jakarta Pusat menanam sekitar 2.700 pohon di kawasan Jalan Letjen Suprapto, Cempaka Putih, sepanjang 700 meter di lahan milik Dinas Bina Marga DKI dan milik swasta.

Hal ini sejalan dengan program yang dijalankan oleh Pemprov DKI yakni menanam 10 pohon dalam sehari.

"Dengan program sehari 10 pohon di tiap kelurahan. Jadi, kalau di kami ada 44 kelurahan berarti ada 440 pohon yang ditanam dalam satu harinya," kata Dhany.

Ia pun meminta jajarannya untuk untuk turut menghijaukan area publik, serta di lahan milik Pemprov DKI yang terlihat kosong menjadi asri dengan pepohonan.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda mengatakan jenis pohon yang ditanam adalah pohon cempaka putih dan ketapang kencana.

"Jenis pohonnya cempaka putih. Jadi, menyesuaikan wilayah dimana lokasi pohon ditanam dan memang filosofinya bagus karena itu memang tanaman asli Asia. Dataran India, sampai ke Indonesia cocok dengan habitatnya," kata Mila.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment