Pet Waste Station Kurangi Sampah Plastik di Pantai Berawa Bali

22 Februari 2023 13:01
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pet Waste Station yang terpasang di Pantai Berawa, Kabupaten Badung, Bali. ANTARA/HO-Atlas Beach Fest

Sahabat.com - Destinasi pariwisata Atlas Beach Fest bersama dengan Avani dan Community Canggu menyediakan sejumlah Pet Waste Station untuk mengurangi sampah plastik di Pantai Berawa, Kabupaten Badung, Bali.

Pet Waste Station merupakan tempat yang dirancang sebagai wadah plastik untuk mengambil kotoran dari binatang peliharaan.

"Kami senang dapat bermitra dengan Atlas Beach Fest dalam menyediakan Pet Waste Station di Pantai Berawa, Bali. Ini adalah awal yang baik untuk mengurangi kantong sampah plastik sekali pakai di pantai di Bali yang indah ini," ujar General Manager Avani Handoko Lauw dalam keterangannya di Kabupaten Badung, Rabu.

Ia mengatakan Pet Waste Station itu menggunakan Cassava Poop Bags dari Avani yang dapat terurai secara hayati dan terbuat dari cassava sehingga dapat dikomposkan dan dapat dikonsumsi oleh mikro-organisme dalam tanah.

"Oleh karena itu kami berharap kerja sama ini dapat diimplementasikan dengan lebih banyak pebisnis lainnya di Bali," kata dia.

Sebagai bentuk dalam upaya menjaga lingkungan, Atlas Beach Fest bersama Avani juga telah menyelenggarakan bersih pantai bersama di Pantai Berawa dalam rangkaian kegiatan Bali’s Biggest Clean Up bertajuk "One Island One Voice".

Pada tahun 2023 ini, kegiatan bersih sampah terbesar di Bali yang rutin diselenggarakan setiap tahun itu dilakukan di sekitar 175 titik yang tersebar di berbagai wilayah di Pulau Dewata.

Di Pantai berawa, aksi bersih pantai itu dilakukan untuk menjaga kebersihan kawasan wisata khususnya dari sampah-sampah plastik yang dapat mengganggu kenyamanan wisatawan.

Handoko Lauw menjelaskan pada kegiatan itu pihaknya juga memberikan edukasi kepada para relawan mengenai sampah plastik. Avani yang merupakan perusahaan produk eco friendly packaging melakukan sosialisasi mengenai konsep reduce, reuse, dan recycle.

"Upaya ini kami lakukan guna meningkatkan kepedulian masyarakat akan penggunaan plastik dan juga kepedulian mereka untuk memelihara kebersihan Pantai Berawa di Bali," pungkas dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment