Polda Riau Antisipasi Ancaman Karhutla

10 Februari 2023 15:33
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kebakaran salah satu lahan di Kabupaten Kampar pada April 2022. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Sahabat.com - Tim Polda Riau antisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan melakukan berbagai upaya, seperti rapat koordinasi penanganan, pelatihan personel dan pengecekan sarana prasarana untuk memastikan kesiapan seluruh peralatan memasuki musim kemarau tahun ini.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru, Jumat, menjelaskan pihaknya juga memanfaatkan secara maksimal aplikasi Dashboard Lancang Kuning dalam penanganan ancaman karhutla.

"Periode Januari-Februari 2023, Polda Riau telah menyebarkan maklumat kepada masyarakat, pemasangan spanduk, melakukan patroli darat dan kegiatan penyuluhan sebanyak ribuan kali," katanya.

Berdasarkan data selama Januari 2023, katanya, tercatat hot spot (titik panas) 88 tempat dan terverifikasi sebagai titik panas satu titik dengan kategori medium.

"Ada tiga daerah yang menjadi daerah rawan karhutla yaitu Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Pelalawan," ujarnya.

Dia mengatakan penanganan karhutla menjadi salah satu program prioritas Kapolda Riau melalui berbagai upaya, baik preemtif, preventif, maupun penegakan hukumnya.

Pihaknya terus melakukan pemetaan kerawanan wilayah rawan karhutla dan mempersiapkan patroli, baik darat maupun udara.

Polda Riau juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan untuk mempersiapkan 30 embung baru di setiap wilayah polres jajaran.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan 50 perusahaan perkebunan dan kehutanan terkait dengan rencana penambahan embung dan sekat kanal di sekitar lahan perusahaan.

"Kami juga terus mempersiapkan sukarelawan tanggap api dengan melakukan pembinaan dan pelatihan pengendalian karhutla," kata Sunarto.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment