Polisi Serahkan Ratusan Buku Untuk Bangun Pojok Literasi di Sekolah

17 Februari 2023 15:52
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kepolisian Sektor (Polsek) Jagakarsa menyerahkan ratusan buku untuk membangun Pojok Literasi Cerdas (POLICE) di SMA Perguruan Rakyat 1, Jakarta, Jumat (17/2/2023). ANTARA/HO-Polsek Jagakarsa

Sahabat.com - Kepolisian Sektor (Polsek) Jagakarsa menyerahkan ratusan buku untuk membangun Pojok Literasi Cerdas (POLICE) di SMA Perguruan Rakyat 1 Jl. Yon Zikon 14 No.4 RW.6, Srengseng Sawah.

"Sudah 977 buku yang diberikan dan nantinya Insha Allah akan terus bertambah," kata Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra saat dihubungi, di Jakarta, Jumat.

Menurut Multazam, adanya kegiatan ini karena  tingkat minat baca masyarakat di Indonesia terbilang cukup rendah.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia secara keseluruhan berada di angka 59,52 dengan durasi membaca 4-5 jam per minggu dan 4-5 buku per triwulan.

Maka dari itu, pihaknya ingin meningkatkan daya minat baca para siswa dengan cara memberikan sejumlah buku agar bisa menanamkan hobi membaca sejak dini.

Harapan Multazam, ke depannya Polsek Jagakarsa mampu mengajak setiap orang untuk berkegiatan positif melalui kegiatan sosial hingga olahraga yang melatih kreativitas.

"Jadi, tidak hanya orang-orang yang hanya membuat SKCK hingga kehilangan barang, tapi juga mengajak orang mengejar prestasi dan berkegiatan positif," tambahnya.

Kepala SMA Perguruan Rakyat 1 Achmad Dwi Nanto menambahkan pihaknya sangat berterima kasih atas sumbangan buku yang diberikan Polsek Jagakarsa.

Selain itu, adanya wadah sasana tinju di Polsek Jagakarsa juga turut diapresiasinya sebagai inovasi yang patut dijadikan contoh.

"Harapannya kami selalu bersinergi untuk memberikan dorongan kepada anak anak agar selalu di jalan yang positif," ujar Achmad.

Dengan adanya pojok literasi di sekolahnya, Achmad berharap bisa mengurangi populasi tawuran anak muda dengan melakukan kegiatan bermanfaat.

Sebelumnya, Kepolisian Sektor (Polsek) Jagakarsa mencatat belasan pelaku tawuran yang terdiri dari anak-anak hingga remaja di wilayahnya selama 2022.

"Berdasarkan data Polres Jagakarsa, pada kasus tawuran diamankan 16 pelaku dengan dua orang luka berat dan satu orang meninggal dunia sepanjang 2022," kata Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra.

Kemudian, terdapat sebanyak empat kasus penyalahgunaan narkoba dengan barang bukti sabu 1,43 gram selama 2022.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment