Rayakan Imlek Warga Tanjung Selor Padati Klenteng Tao Pek Kong

06 Februari 2023 05:52
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat menghadiri acara puncak Festival Imlek dan Cap Go Meh 2574/2023 pada hari Minggu (5/2). ANTARA/HO-DKISP Provinsi Kaltara.

Sahabat.com - Ribuan warga Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), memadati Klenteng Tao Pek Kong untuk menyaksikan penampilan atraksi dalam acara puncak Festival Imlek dan Cap Go Meh 2574/2023 pada hari Minggu (5/2).

"Kalau saya bandingkan tahun lalu seluruh masyarakat memadati area ini. Kita bersyukur Tuhan memberikan cuaca yang bagus sehingga acara ini dapat berlangsung dengan khidmat," kata Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang di Tarakan, Senin.

Festival yang digelar sejak awal Februari itu, selain menjadi bagian dalam perayaan Tahun Baru warga Tionghoa juga merupakan kegiatan rutin yang masuk dalam Kalender 10 Kegiatan di Kaltara.

Zainal tergugah dengan banyaknya pengunjung yang hadir pada tahun ini. Berbeda dari tahun sebelumnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang wajib diterapkan di setiap daerah menyebabkan terbatasnya jumlah pengunjung dan aktivitas, termasuk dalam perayaan Festival Imlek dan Cap Go Meh 2022 lalu. 

Sebagaimana diketahui Imlek merupakan momentum penting bagi warga Tionghoa. Memasuki tahun Kelinci Air ini melambangkan harapan baru, pemulihan dari akibat yang buruk setelah apa yang terjadi sebelumnya.

"Tentunya banyak hal yang terjadi akibat dampak dari pandemi ini. Tetapi kita sama-sama mencoba bangkit dan berjuang bersama -sama sampai pada hari ini PPKM resmi dicabut dan kita dapat beraktivitas seperti biasa," kata Zainal.

Gubernur mengharapkan di tahun baru ini masyarakat mau bergandengan tangan, saling membantu dan bergotong royong demi Kaltara yang Berubah, Maju, dan Sejahtera.

Dia mengajak tiap individu untuk tetap optimis menghadapi isu resesi. "Kita harus tetap optimis, Indonesia tidak berdampak lebih. Saya mengimbau kita semua untuk mendukung UMKM lokal sebagai pondasi perekonomian di daerah agar perputaran ekonomi terus berjalan," kata Zainal.

Sementara itu Ketua Panitia Hendy Dermawan mengatakan tahun 2023 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan mencanangkan area Jalan Jenderal Sudirman akan menjadi destinasi wisata China Town. Selain itu ia  berharap Pemprov Kaltara dan Pemkab Bulungan dapat berpartisipasi.

"Di malam sebelumnya, kami juga melaksanakan Festival Mobil Lampion. Tentunya kita berharap agenda tahunan ini bisa menjadi ikon Provinsi Kaltara," kata Hendy.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment