RSUD Kepulauan Seribu Saat Ini Sudah Bisa Operasi Sesar

20 Februari 2023 12:46
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kamar bersalin di RSUD Kepulauan Seribu di Jakarta pada Senin (20/2/2023). ANTARA/HO-Kominfotik Kepulauan Seribu

Sahabat.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu saat ini sudah bisa melakukan operasi sesar untuk kepentingan persalinan pasien sejak revitalisasi selesai pada Januari tahun ini.

"Kamar operasi kami sudah dapat digunakan untuk melakukan operasi oleh dokter spesialis dan tim. Ini bagian dari peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Seribu," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu Agus Ariyanto di Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin.

Agus menjelaskan, lokasi rumah sakit yang berada di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara itu kini memiliki ruang operasi persalinan seluas 157 meter persegi dan pada Januari tahun ini, sudah dimanfaatkan oleh dua orang warga setempat.

"Salah satu operasi persalinan secara sesar dilaksanakan pada 31 Januari 2023," katanya.

Pada Februari dan Maret, RSUD Kepulauan Seribu berencana untuk melaksanakan lima operasi lagi di kamar bersalin itu.

Pasien operasi tercatat berasal dari Pulau Panggang, Pulau Kelapa, bahkan rencananya ada juga dari Pulau Tidung.

Agus menjelaskan, saat ini RSUD Kepulauan Seribu hanya bisa melaksanakan operasi terencana karena keterbatasan sarana prasarana dan sumber daya manusia, terutama tenaga ahli.

"Kamar operasi ini tidak hanya direncanakan untuk operasi sesar oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan (obgyn), tetapi kamar operasi ini juga dapat melayani operasi bedah lainnya oleh dokter spesialis bedah," kata Agus.

Setelah kamar operasi ini berfungsi, Agus berharap angka rujukan pasien warga Kepulauan Seribu ke daratan Jakarta dapat ditekan, serta dapat meningkatkan kebutuhan dan fasilitas pelayanan kesehatan pasien agar semakin berkualitas, cepat, aman dan nyaman.

Ia menambahkan, hal Ini menjadi langkah awal bagi RSUD Kepulauan Seribu untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kepulauan Seribu.

"Nantinya pelayanan RSUD Kepulauan Seribu akan terus kami tingkatkan kuantitas dan kualitasnya, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di sini," ujar Agus.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment