Serangan Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan Tewaskan 100 Orang

01 Februari 2023 04:31
Penulis: Ramses Manurung, news
Serangan bom bunuh diri di masjid Pakistan/ist

Sahabat.com - Sedikitnya 100 orang tewas akibat serangan bom bunuh diri di sebuah masjid kompleks polisi, Peshawar, Pakistan, pada Senin (30/1) kemarin.

Serangan terjadi saat sekitar 400 personel kepolisian tengah melaksanakan salat ashar.

Kepala Kepolisian Peshawar Ijaz Khan menduga serangan dilakukan oleh kelompok militan untuk melemahkan kepolisian yang gencar menindak kelompok radikal tersebut.  

"Kami berada di garis depan mengambil tindakan terhadap kelompok militan dan itu lah mengapa kami menjasi sasaran. Tujuannya adalah untuk melemahkan semangat kami sebagai sebuah kekuatan," kata Kepala Kepolisian Peshawar Ijaz Khan, pada Selasa (31/1).

Diduga pelaku menggunakan bom bunuh diri sebanyak 12 kilogram, sehingga menyebabkan banyak korban tewas dan 127 orang lainnya terluka. 

Polisi masih memburu pelaku dan otak serangan. Meski sebelumnya, petinggi kelompok militan Taliban Pakistan atau Tehreek-e-Taliban (TTP), Sarbakaf Mohmand dan Omar Mukaram Khurasani, mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Mereka menyatakan serangan bom bunuh diri itu merupakan balas dendam atas kematian pentolan TTP Khalid Khorasani tahun lalu.

Tetapi tak lama berselang, juru bicara TTP Muhammad Khorasani menegaskan kelompoknya tidak ada kaitannya dengan serangan ke masjid tersebut.

"Menurut undang-undang dan konstitusi umum kami, tindakan kekerasan apa pun di masjid, madrasah, tempat pemakaman, dan tempat suci lainnya merupakan pelanggaran," pungkasnya.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment