Songsong Pemilu Parlemen Thailand Dibubarkan, Putri Thaksin Shinawatra Diprediksi Terpilih jadi PM

20 Maret 2023 11:13
Penulis: Ramses Manurung, news
Mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra/ist

Sahabat.com - Thailand akan segera melaksanakan pemilu untuk memilih Perdana Menteri baru. Dijadwalkan pemilu akan dilaksanakan pada awal atau pertengahan Mei 2023.

Persiapan menyongsong pemilu ditandai dengan kebijakan Pemerintah Thailand membubarkan parlemen pada Senin (20/3/2023). Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha telah menyerahkan surat pembubaran kepada raja pekan lalu untuk mendapatkan persetujuan. 

Undang-undang pemilu di Thailand menyatakan pemilu mesti berlangsung dalam kurun 60 hari setelah pembubaran parlemen.

Pembubaran parlemen lebih awal memberikan waktu longgar bagi partai politik menyusun daftar calon anggota parlemen. Mereka juga lebih leluasa mencari partai mitra untuk berkoalisi.

Partai Ruam Thai Sang Chart atau dikenal pula United Thai Nation (UTN) diyakini akan bersaing ketat dengan Pheu Thai yang dipimpin Paetongtarn, putri mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra yang dikudeta militer dari pemerintahannya pada 2006. 

Paetongtarn, dalam beberapa jajak pendapat beberapa bulan terakhir diunggulkan dalam pertarungan menuju kursi perdana menteri. Bahkan diyakini, partai ini mendapatkan kursi mayoritas di parlemen. 

"Saya yakin memenangkan pemilu dengan suara mayoritas," kata Paetongtarn, Jumat (17/3/2023).

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment