Sudin KPKP Jakarta Timur Sidak Lima Pasar Cegah Penggunaan Formalin

22 Februari 2023 13:58
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pelaksana tugas (Plt) Kasie Pertanian Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur Siti Halimah saat inspeksi mendadak (sidak) di salah satu pasar di Jakarta Timur, Rabu (22/2/2023). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur

Sahabat.com - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lima pasar di wilayah Jakarta Timur, Rabu, untuk mencegah penggunaan bahan pengawet formalin.

Lima pasar yang disidak itu, yakni Pasar Enjo, Pasar Ujung Menteng, Pasar Cakung, Pasar Pulogadung, dan Pasar Cipinang Muara.

"Untuk Pasar Enjo, hampir rata-rata aman. Ada sekali waktu itu (bukan hari ini), produk perikanan tapi masih di bawah ambang. Langsung ditangani dinas," kata Pelaksana tugas (Plt) Kasie Pertanian Sudin KPKP Jaktim Siti Halimah dalam keterangan tertulisnya.

Dalam pemeriksaan itu, Sudin KPKP mengambil 240 sampel dari lima pasar tersebut.

Sampel diambil dari tiga produk, yakni peternakan, perikanan dan pertanian. Sampel-sampel tersebut kemudian diperiksa di laboratorium mobil, sesuai masing-masing produk.

"Tiap-tiap pasar masing-masing sampel 46 sampel, pertanian 22 sampel, peternakan 8 sampel dan perikanan 16 sampel," kata Halimah seraya mengatakan dalam sidak itu tidak ditemukan bahan berbahaya.

Dia berharap dengan pengawasan yang dilakukan Sudin KPKP itu masyarakat dapat merasa aman untuk berbelanja di pasar.

"Mudah-mudahan dengan pengawasan ini, bebas dari bahan tambahan dan aman untuk masyarakat. Harapannya, semua pasar yang khususnya yang di bawah Pemda, itu bebas dari formalin. Melindungi masyarakat di Jakarta Timur, umumnya dan masyarakat belanja di pasar dengan tenang karena bebas dari bahan pengawet," paparnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment