Sulsel Sasar Investor Rusia di EITIS Indonesia Timur

23 Februari 2023 08:27
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (batik merah) menerima kunjungan panitia EITIS Indonesia Timur 2023 di Makassar.ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel.

Sahabat.com - Provinsi Sulawesi Selatan menyasar investor Rusia di ajang East Indonesia Tourism and Investment Summit (EITIS) atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pariwisata dan Investasi Indonesia Timur di Makassar, pada 3-4 Maret mendatang.

Panitia Pembina EITIS 2023 Didi Leonardo Manaba di Makassar, Kamis, mengatakan investor Rusia saat ini lagi serius mengepakkan sayap ke sektor pariwisata dengan membuat vila di Bali.

"Saat ini investor Rusia banyak bikin vila di Bali. Dalam momentum East Indonesia Tourism and Investment Summit, kita ingin maksimalkan ini untuk menarik pengusaha Rusia agar juga membuat vila di Sulsel," ujar dia.

Ia menjelaskan, banyak lokasi wisata yang punya potensi untuk pengembangan vila seperti di Toraja, Bulukumba serta Malino, Kabupaten Gowa.

Untuk itu, kata dia, Sulsel akan memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajak pengusaha Rusia agar tidak hanya fokus mengembangkan bisnis vila di Bali namun juga di Sulsel.

"Kita target orang Rusia bisa banyak yang melakukan investasinya di sektor pariwisata Sulsel. Kenapa orang Rusia, karena lagi tren di Bali yang banyak mengelola vila," jelas Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Sulawesi Selatan ini.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan posisi Sulsel sebagai tuan rumah dapat menjadi sarana promosi wisata dan investasi provinsi itu.

Untuk itu Gubernur Andi Sudirman meminta agar kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pariwisata dan Investasi Indonesia Timur itu dipersiapkan dengan sangat baik.

Selain Rusia, pihak penyelenggara mengundang duta besar negara-negara sahabat, antara lain dari Australia, Jerman, Malaysia, India, Banglades, dan Singapura. Tercatat juga sejumlah menteri diundang dan akan hadir.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment