Suriah Hentikan Layanan Kereta Api

06 Februari 2023 14:05
Penulis: Adiantoro, news
Orang-orang berkumpul saat tim penyelamat mencari korban selamat di bawah reruntuhan, setelah gempa bumi, di kota Jandaris yang dikuasai pemberontak, Suriah 6 Februari 2023. (Khalil Ashawi/Reuters)

Sahabat.com - Layanan kereta api dihentikan di seluruh Suriah setelah negara itu dilanda gempa dahsyat. Hal tersebut dikatakan Kementerian Transportasi Suriah pada Senin (6/3/2023). 

Dalam sebuah pernyataan di situsnya, kementerian mengatakan tim teknis sedang memeriksa jalan, rel, jembatan dari kerusakan. Gempa bumi dahsyat melanda Turki selatan dan Suriah utara pada Senin (6/2/2023) pagi waktu setempat.

Gempa magnitudo 7,8 itu menyebabkan kehancuran di kedua negara. Menurut Kementerian Kesehatan Suriah, 371 orang tewas dan sedikitnya 1.089 terluka. Kementerian Sumber Daya Mineral dan Minyak Suriah mengatakan kilang Banias di pantai Mediterania, yang terbesar di negara itu, ditutup setelah gempa menyebabkan kebocoran produk minyak bumi.

Menurut kementerian, perbaikan diperkirakan memakan waktu 48 jam. Dikatakan jika fasilitas gas di Aleppo juga rusak. Para pejabat mengatakan beberapa situs bersejarah dan artefak rusak, termasuk benteng abad pertengahan Aleppo, sebuah situs warisan dunia UNESCO.

Retakan muncul di fasad museum utama kota kuno itu, menurut pihak berwenang. Tentara telah dikerahkan ke daerah yang terkena dampak untuk membantu penyelamat membersihkan puing-puing dan mencari korban selamat.

Di negara tetangga Turki, setidaknya 1.014 orang tewas dan 5.385 terluka, kata pihak berwenang. Menurut Presiden Recep Tayyip Erdogan, bencana itu merupakan gempa bumi terkuat yang pernah dialami negara itu sejak 1939.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment