Tiga Daerah di Sultra Masih Waspada Cuaca Ekstrem

08 Maret 2023 05:18
Penulis: Habieb Febriansyah, news
BMKG merilis peringatan dini cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra) masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada hari ini sekira pukul 18:00 Wita. (Foto ANTARA/HO-BMKG)

Sahabat.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra) masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada hari ini sekira pukul 18.00 Wita.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Sugeng Widarko di Kendari, Rabu menyebutkan dalam prakiraan BMKG, terdapat tiga daerah yang berpotensi cuaca ekstrem yakni Kabupaten Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, dan Kota Kendari.

"Untuk Konawe Selatan meliputi wilayah Tinanggea, Andoolo, Palangga, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Palangga Selatan, Moramo Utara, Wolasi, Laeya dan Kolono Timur," kata Sugeng.

"Kabupaten Konawe Kepulauan meliputi Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, dan Kota Kendari yakni Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo, dan sekitarnya," sambungnya.

Kondisi itu lanjut Sugeng, diprakirakan juga dapat meluas ke beberapa wilayah Kabupaten Konawe seperti Sampara, Soropia, Besulutu, Bondoala, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi, Anggalomoare.

"Selain itu Kabupaten Muna yakni Napabalano danTowea, Kabupaten Bombana berada di wilayah Lantari Jaya, Kabupaten Konawe Utara di Lembo, Sawa, Motui, Kabupaten Buton Utara meliputi Wakorumba Utara, Kabupaten Muna Barat seperti Napano Kusambi, dan sekitarnya.Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 20:30 Wita," terangnya.

Adapun suhu udara pada hari antara 24 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara: 65 - 95 persen dan kecepatan angin dari barat daya - barat laut / 2 - 30 km/jam.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment