Topan Freddy Terjang 3 Negara Afrika Tewaskan 300 Orang

16 Maret 2023 14:33
Penulis: Ramses Manurung, news
Amukan topan freddy di tiga negara Afrika menghancurkan ribuan rumah dan menewaskan ratusan orang/ist

Sahabat.com - Tiga negara di Afrika yakni  Mozambik, Madagaskar dan Malawi luluhlantak diterjang bencana Topan Tropis Freddy selama sepekan. Tak hanya menghancurkan tempat tinggal dan sarana publik, amukan Topan Tropis Freddy juga mengakibatakan 300 orang tewas.

Malawi mengalami dampak terparah dan 225 orang tewas, kemudian di di Provinsi Zambezia di Mozambik 53 orang tewas dan di Madagaskar 27 orang tewas.

Jumlah korban diperkirakan akan terus meningkat, kata badan anak-anak PBB UNICEF.

Upaya pencarian dan penyelamatan terhambat hujan yang terus mengguyur dan pemadaman listrik. Badai menyebabkan banjir parah, menyapu jalan dan meninggalkan mayat serta rumah terkubur lumpur.

Terlihat sejumlah orang berdiri di kuburan yang baru digali yang telah terisi seperti kolam, berjibaku menguras air dengan ember agar bisa diturunkan ke dalam peti mati. Di dekatnya, kerabat almarhum menangis dan berpelukan, beberapa memegang payung sementara yang lain basah kuyup.

Presiden Malawi Lazarus Chakwera telah mengumumkan 14 hari berkabung nasional dan meminta dukungan internasional untuk upaya bantuan. Dia mengatakan lebih dari 80.000 orang mengungsi.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment