UI Gaungkan Budaya Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan

10 Februari 2023 08:35
Penulis: Habieb Febriansyah, news
UI terus menggaungkan budaya Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di lingkungan kampus. (ANTARA/Foto: Humas UI)

Nusantaratv.com - Universitas Indonesia (UI) terus menggaungkan budaya Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di lingkungan kampus sebagai prioritas penting dalam menciptakan suasana nyaman, aman, tertib, selamat, dan sehat di lingkungan kampus.

Kepala UPT K3L UI Sjahrul M. Nasri di Kampus UI Depok, Jumat, menjelaskan kecelakaan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, termasuk di lingkungan kampus, sehingga pihaknya hadir di hulu hingga hilir dalam setiap kegiatan sivitas akademika.

"Tugas bidang keselamatan berada di hulu dalam melakukan promosi, prevention (pencegahan), dan protection (perlindungan) terhadap tujuh potensi risiko yang mungkin terjadi di lingkungan kampus, seperti kebakaran, kecelakaan transportasi, tenggelam di danau, gempa, darurat medis, pohon tumbang, dan kecelakaan di laboratorium," katanya.

Sjahrul menegaskan program yang dilakukan oleh UPT K3L UI dilaksanakan rutin setiap tahun, tidak hanya selama di Bulan K3 Nasional.

“Bidang-bidang di UPT K3L UI terus melakukan pelaporan rutin dalam upaya pencegahan potensi bahaya, bukan hanya dalam ruang lingkup kampus, namun juga di sekitar kampus UI. Terkait bidang kesehatan kerja, UPT K3L juga melakukan tindakan promosi, pencegahan, dan perlindungan, sehingga mencegah terjadinya penyebaran penyakit dalam kegiatan kerja sehari-hari bagi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan agar tetap prima,” ujarnya.

Ia menyebutkan penyakit yang timbul dari risiko bekerja tidak muncul tiba-tiba, bisa saja muncul setelah lima tahun atau saat pensiun. Selain itu terdapat beberapa program yang dilaksanakan yang bertujuan untuk menjaga agar lingkungan kampus tetap lestari.

UPT K3L UI juga mendukung pelaksanaan konservasi flora dan fauna dengan sekitar 900 jenis flora dan 72 jenis fauna, terdiri dari 47 jenis burung, 15 jenis reptil, dan 10 jenis amfibi di lingkungan kampus UI.  Selain itu juga perlindungan lingkungan dari kerusakan dan pencemaran, antara lain melalui program zero plastics, edukasi pemilahan sampah, monitoring lingkungan termasuk danau-danau di UI.

Hal tersebut juga untuk mendukung upaya global dalam pelestarian lingkungan, seperti Sustainable Development Goals (SDGs) yang bertujuan agar kampus tetap hijau lestari.

Sementara itu bidang UPT K3L yang bertugas di hilir adalah pencegahan kebakaran dan keadaan darurat. Bidang tersebut, kata Sjahrul, juga melakukan upaya peningkatan kesiapsiagaan warga UI dalam mencegah kebakaran dan keadaan darurat tereskalasi, antara lain melalui inspeksi proteksi kebakaran dan pemeliharaan kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

Upaya sosialisasi, edukasi kedaruratan, dan simulasi keadaan darurat juga dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan keadaan darurat bagi warga UI dilakukan secara rutin selama satu tahun.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment